tiquenetworkcom.com - Fosil feminin pubertas yangi kehidupan 7.200 five silam di pulau Sulawesi Indonesia, kini ditidak memunyai hubungan DNA menjangkau penduduk asli Australia dan Papua yangi ada saat ini.

Anda sedang menonton: Fosil tertua yang ditemukan di indonesia adalah

Para arkeolog dari Indonesia, Australia, dan deutsche telah bersasaran menganalisisDNA fosil yanew york dimenemukan lima 2015 di Leang Panning (gantung Kelelawar) di quận Mallawa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.


Fosil ini diberry namu Besse, yamenemani itu call untuk anak perempuan batin Bahasa Bugis-Makassar.

Profesor Adam Brumm dari Griffith University Australia yang memimpin penelitian di gua-gantung yangi kini memasukkan batin utama Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkep, keluar Besse merupapan orangai Toalean yangai lives antara 8.000 hingga 1.500 lima lalu.

harus baca Juga: BNPB: kapak Terkendali setelah membanjiri Bandang di Kabupaten Sigi

"Orangai Toalean merupapan human pemburu-pengumpul start yang lives di hutan-kayu Sulawesi Selatan, berburu babi dan dikumpulkan keranew york dari sungai-sungai," kata Prof. Adam.

"rekan penyelidik dari Indonesia berhasil digali fosil ini saat melakukan penggaliandi atas tahun 2015, dan kita menghabismodernkan waktu bertahun-lima untuk bisa does anakesamaan DNA," jelasnmiliki di dalam wawancara dengan program Radio National ABC.

Tim yangai dipimpin Prof.Adam kemudian melakukan pengpenggalian ulang di bertaruh Leangi Panninew york pada lima 2019, guna memastimodernkan context penguburan Besse. Melalui proses pengmassa radio karbon, tim ini memastimodern Besse berorigin dari ketentuan 7.300 hingga 7.200 tahun silam.


*
Image: Penggalian situs Leang Panninew york melalui tim arkeolog yangai berhasil mengeksplorasi fosil manusia purba di ~ five 2105. Istimewa: Leangi Panningai Remencari Project

berpengalaman Juga: kapak Terkini Desa Rogo ke Diterjangi membanjiri Bandang

Dari analisis DNA ditemukan bahwa Besse pribadi tautan mencapai penduduk nguyên Australia dan orang Melanesia yangi ada saat ini.

"Nenek moyangi Besse, serta nenek moyangai oranew york Abasal dan orangai Melanesia berasal dari satu populasi yangai kemiripan yang datanew york nanti kawasan ini circa 50.000 hingga 65.000 five silam," clearly Prof. Adam.

Temuan DNA Besse yangi telah dipublikasikan dalam jurnal Nature , adalah yang pertama di kawasan Wallacea, yamenemani itu pulau-pulau antara Kalimantan dan Papua yangai menmemanggang gerbangai ke Benua Australia.

Besse dimakamkan batin posisi meringkuk dan sebagian tertutup melalui batu. Perkakas dari rock dan baik merah (rock empire zat besi yang tangan kedua untuk memuntuk pigmen) ditemukan di kuburannya, bersama menjangkau tulang belupanjang binatang.

Para arkeolog dari Universitas Hasanuddin yangai digali fosil ini menamainmiliki Besse, mengikuti kebiasaan dalam etnis Bugis-Makassar yang memberikan juludimodernkan Besse untuk anak perempuan.


*
Image: Professor Adam Brumm dari Griffith University Australia kepala penelitian human purba di Leangai Panning, Kabupaten Maros. Griffith University: D. McGahan

Artefak orangai Toalean hanya ditemukan di kyung 6 persen kanton Sulawesi sehingga ini, menurut Adhi agus Oktaviana, deviasi satu peneliti,demo mereka pribadi kontak yang mendesak terbatas mencapai biakan manusia purba lainnya.

“budaya purba ini memiliki kandungan akhirnya dengan komunitas mulailah Sulawesi lainnmemiliki ataukah pulau-pulau terdekat, dan selama ribuan five terisolasi,” kata Adhi dari tengah Penelitian arkeologis Nasional Indonesia.

Para arkeolog telah lama memperdebatmodern asal-usul orang Toalean. Namun, analisis DNA Besse telah mengconefo bahwa orangi Toalean terkait menjangkau manusia modernis pertama yang menjamu kawasan Wallacea circa 65.000 lima yanew york lalu, yamenemani itu nenek moyanew york oranew york Abasal Australia dan orangi Melanesia.

"Para pemburu-pengumpul pelaut ini adalah penghuni most mulailah di Benua Sahul, benua super yangi muncul selama Pleistosen (Zaman Es) kapan permukaan laut turun, dan menyingkap jalur darat antara Australia dan Papua," kata Prof. Adam.

“buat dengan Sahul, doan human perintis ini melakukan persimpangan laut malalui Wallacea, namun sampai sekarang masih sedikit yanew york ditidak tentang bepergian mereka,” jelasnya.

Menurut deskripsi pers dari Griffith University, analisis genomik terhadap DNA Besse dilakukan malalui SelinaCarlhoffdari max rencana Institute for the Science of umat ​​manusia History di Jena, Jerman, under pengawasanProfesorCosimoPosth(University of Tübingen) dan ProfesorJohanntape Krause (maksimum rencana Institute for Evolutionary Anthropology, Leipzig).

Hasilnmiliki unjuk bahwa kyung setengah dari DNA Besse kesamaan mencapai DNA penduduk asli Australia saat ini dan DNA orangi Melanesia. Ini mencakup DNA yangi diwarisi dari manusia Denisovanyangi sekarangi sudah punah, sepupu jauh manusia Neandertbab yangai fosilnmemiliki hanya ditemukan di siberia dan Tibet.


"Faktanya, probagian DNA Denisovan diatas Besse terhadap dicuri manusia purba serta human masa kini lainnmemiliki di kanton terpanggilan menunjukkanperiode bertemu pentingai antara spesies kita dan Denisovan berada di Sulawesi dan kanton Wallacealainnya," jelas Prof.Cosimo Posth.

Penelitian ini juga dapat unjuk bahwa nenek moyangi Besse adalah deviasi satu human modernis pertama yanew york menjangkau kanton Wallacea, tfire bukannya berpindah nanti Sahul, mereka pilihan tinggal di Sulawesi.

Kediatas Radio National ABC, Prof Adam Brumm mengatini adalah bahwa Besse kehidupan ribuan lima ke lukisan-cat, dll di gua-gantung di kanton menemani itu dibuat melalui umat ​​manusia purba.

"Namun samemiliki memperkirini adalah Besse merumemberi makan keturunan dari para artis betapa mengejutkannya itu," jelasnya.

Profesor Akin Duli dari Univerisberpenaruh Hasanuddin yangi turut menulis narasi penelitian menjelaskan, identitas nenek moyang mulai Toalean noël become banyak ditidak kecuali digali lebih kerumunan sampel DNA umat ​​manusia purba lainnya di kanton itu.

Para penyelidik noël menemukan jejak nenek moyang oranew york Sulawesi saat ini dalam DNA Besse. Chapter akun itu tampaknmemiliki disebabmodernkan buat umumnya penduduk bugis Makassar sekarangberasal dari ras Austronesiayangi tiba di utama tersebut dari Taiwan tentang 3.500 five silam.

Penelitian ini mencatat bahwa pengambilan sampel genom yanew york lebih diskursif dari beragam populasi orangi Sulawesi dapat mengungkapkan membuktikan warisan genetik oranew york Toalean


"invensi DNA Besse dan implikasi dari keturunan genetiknmiliki demonstrasi betmaafkan saya sedikitnmemiliki pemahaman untuk kita tentangai umat ​​manusia purba di wilayah ini,” papar Profesor Adam Brumm.

Lihat lainnya: Info Contoh Tugas Tugas Sopir Perusahaan, Strategic Value Chain Analysis (Analisi Stratejik

Penelitian di Leangi Panningi merumemberi makan kerjakesamaan antara Griffith University Australia dan tengah Penelitian arkeologis Nasional Indonesia, melibatmodern adalah mahasiswanya PhD Griffith University Basran Burhan, Adhi agus Oktaviana, David McGahan, Yinika Perston, dan Kim Newman.