Indonesia adalah negara yang teruntuk mengetahui akan keaneka ragaman budayanya, deviasi satunmemiliki adalah alat musik tradisional. Alat musik tradisionalnya di Indonesia luaran nama dan kegunaan yangi unik di masing-masinew york daerah. Selain tool musik tradisional, Indonesia also teruntuk mengetahui ini adalah rumah adat dan tarian daerahnya. Dengan wealth biakan yangai kita memiliki seharusnya kita mengetahui lebih di dalam tentanew york budaya-biakan yang ada di 33 provinsi Indonesia.

Anda sedang menonton: Gambar alat musik tradisional dan daerahnya

Berikut ini nama alat musik secara tradisional Indonesia dan origin daerahnmemiliki : 


 1. Tool musik secara tradisional : Serune Kale

*

Sarune kubis berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam yanew york mempunyai jenis bunyi Aerofon, yaakun itu bunyi yangai berorigin dari hembusan angin. Cara menggunakan serune kale adalah dengan ditiup dan menggunbecome jari buat menyortir nada yang ada di lubangai serune kale.  


2. tool musik tradisionalnya : Aramba

*

Aramba berorigin dari pulau Nias, sumatera utara yanew york mempunyai tipe bunyi Ideofon, yaakun itu suara yangai berasal dari jernih dasarnya. Cara menggunakan Aramba adalah menjangkau dikota mencapai menggunmenjadi pemukul such stik. 

3. Tool musik tradisional: Saluang


*

Saluangi berasal dari Minangkabau, sumatera barat yangai mempunyai jenis suara Aerofon, yaakun itu bunyi yangai berorigin dari hembusan angin. Cara menggunbecome saluangi mencapai ditiup dan lubangi yangi ada di salung tangan kedua untuk arrange ton dan jari-jari rumbai berfungsional karena menutup lubangnya.  

4. Alat musik tradisionalnya : Gambus


*

Gambus berorigin dari Riau, yang membunyai tipe suara Kordofun, yamenemani itu bunyi yanew york berorigin dari dawai atau senar. Gambus mempunyai 3 senar – 12 senar. Gambus biasa dimaindimodernkan sbawa pulang diiringi gendang.  

5. Alat musik tradisionalnya : Serangko

*

Serangko berasal dari Jambi yang teruntuk dari tanduk kerbau. Cara menggunini adalah Serangko adalah mencapai ditiup, serangko biasa used buat pemberitahuan jika ada musibah di social Jambi.  

6. Alat musik tradisional : Accordion

*

Accoridon berasal dari sumatra Selatan yang mempunyai tipe suara Aerofon, yaakun itu tipe suara yangi berasal dari membumihanguskan nafas. Cara menggunakan accordion yaakun itu menjangkau ditiup dan memakangi kedua groep karena mengatur alunan nada.  

7. Tool musik tradisional : Doll

*

Doll berasal dari Bengkuluís yanew york mempunyai types bunyi Membranofon, yamenemani itu tipe suara yang asalnmemiliki mencapai memukul. Cara menggunmenjadi doll yakni mencapai dikota memakai alat pemukul.

8. Alat musik tradisional : Bende

*

Bende berasal dari Lampungai yangai mempunyai types suara Ideofon, yamenyertainya jenis suara yangai berasal dari nyata dasarnya. Cara menggunakannya yaakun itu dijam menjangkau alat kota yang khusus. 

9. Tool musik tradisionalnya : Gendang Melayu

*

Gendanew york malayischen berasal dari pulau-pulau bnumeral belitungi yangi mempunyai jenis suara Membranofon, yaakun itu tipe suara yang asalnmiliki mencapai jatuh di kyung area lunak mencapai menggunbecome telapak tangan. 

10. Tool musik tradisionalnya : Gendanew york Panjang

*

Gendang panjanew york berorigin dari pulau-pulau Riau yangi mempunyai jenis bunyi Membranofon yangai used mencapai cara menepukkan rumbai diatas area yangi lunak. 

11. Tool musik tradisionalnya : Tehyan

*

Tehyan berasal dari Ibukota jakarta yanew york mempunyai types suara Kordofon yangi used mencapai cara digesek di bagian dawai ataukah senarnya, hampir kemiripan menjangkau memainkan biola.

Lihat lainnya: Green Day Wake Me Up When September Ends Lirik, Wake Me Up When September Ends Lyrics

 

12. Alat musik tradisional : Angklung

*

Angklunew york berorigin dari Jawa barat yangi mempunyai tipe bunyi Ideofon. Cara memainmodernkan angkul yamenemani itu menggunini adalah rumbai kita.  

13. Tool Musik tradisional : Gamelan

*

Gamelan berorigin dari Jawa markas besar yang mempunyai types suara Ideofon. Cara memainkannmemiliki yamenemani itu menjangkau dikota – pukul mencapai alat pemukul. 

14. Tool musik secara tradisional : Gendang

*

Gendang berorigin dari Yogyakarta yangai mempunyai types bunyi Ideofon. Cara memainkannmemiliki dengan ditepuk di area lunak menggunmenjadi telapak tangan.  

15. Tool musik tradisional : Bonang

*

Bonang berasal dari Jawa Timur yangai mempunyai tipe suara Ideofon. Cara memainkannmemiliki mencapai dipukul. 

16. Alat musik tradisional : Gendang

*

Gendangai berasal dari Banten yangi mempunyai tipe suara Membranofon. Cara memainkannmemiliki menjangkau menepuk memakai inferioritas tangan.  

17. Alat musik secara tradisional : Gengceng

*

Gengcengi berasal dari Bali yangi mempunyai jenis bunyi Ideofon. Cara memainkannmiliki dengan diletakkan pada kedua terlalau tangan kemudian ditepuk.  

18. Tool musik secara tradisional : Serunai

*

serunai berorigin dari Nusa Tenggara barat yangai mempunyai tipe suara Aerofon. Cara memainkannmiliki mencapai ditiup lalu nadanmemiliki diataur mencapai jari tangan. 

19. Tool musik tradisional : Sasando

*

sasando berasal dari Nusa Tenggara Timur yang mempunyai types bunyi Chordofon. Cara memainkannmemiliki menjangkau dipetik. 

20. Tool musik secara tradisional : Japen

*

Japen berorigin dari Kalimantan markas besar yangai mempunyai types bunyi Kordofon. Cara memainkannmiliki mencapai dipetik.  

21. Tool musik tradisionalnya : Sampe

*

Sampe berorigin dari Kalimantan Timur yanew york mempunyai tipe bunyi Kordofon. Cara memainkannmiliki dengan dipetik dipotongan senarnya. 

22. Alat musik secara tradisional : Tuma

*

Tuma berasal dari Kalimantan barat yanew york mempunyai types suara Membranofon. Cara memainkannmiliki menjangkau ditepuk menggunini adalah konyol tangan.  

23. Alat musik tradisionalnya : Panting

*

Panting berasal dari Kalimantan Selatan yangai mempunyai tipe suara Kordofon. Cara memainkannmemiliki mencapai dipetik dibagian senarnya.  

24. Alat musik secara tradisional : Kolintang

*

Kolintangai berasal dari Sulawesi utara yangai mempunyai jenis suara Ideofon. Cara memainkannmemiliki dengan dipukul. 

25. Alat musik secara tradisional : Ganda

*

Ganda berasal dari Sulawesi markas besar yangai mempunyai types bunyi Membranofon. Cara memainkannmemiliki mencapai menepuk menggunakan inferioritas tangan.  

26. Alat musik secara tradisional : Keso

*
Keso berasal dari Sulawesi Selatan yangi mempunyai types bunyi Chordofon. Cara memainkannmiliki mencapai digesek di bagian senar.  

27. Alat musik secara tradisional : Ladolado

*

Ladolado berasal dari Sulawesi Tenggarasi yang mempunyai tipe suara Ideopon. Cara memainkannmiliki mencapai dipukul. 

28. Alat musik tradisional : Ganda

*

Gdari mereka berasal dari gorontalo yanew york mempunyai jenis suara Membranofon. Cara memainkannmiliki mencapai ditepuk memaksai inferioritas tangan.  

29. Alat musik tradisional : Kecapi

*

Kecapi berasal dari Sulawesi west yangai mempunyai tipe suara Kordofon. Cara memainkannmiliki menjangkau dipetik di potongan senarnya.  

30. Alat musik tradisionalnya : Nafiri

*

Nafiri berasal dari Maluku yanew york mempunyai types bunyi Membranofon. Cara memainkannmemiliki mencapai ditepuk menggunmenjadi inferioritas tangan.  

31. Alat musik tradisionalnya : FU

*

FU berasal dari Maluku phia băc yangi mempunyai types suara Aerofon. Cara memainkannmemiliki mencapai ditiup.

32. Alat musik secara tradisional : Kendang

*

Kendangai berasal dari Jawa west yang mempunyai jenis suara Membranofon. Cara memainkannmiliki menjangkau dipukul mencapai tool pemukul.

33. Alat musik tradisional : Tifa

*
tipa berorigin dari Papua yanew york mempunyai tipe bunyi Membranofon. Cara memainkannmiliki menjangkau dijam lewat terlalau tangan.
 

34. Alat musik secara tradisional : Guoto

*

Guoto berasal dari Papua barat yang mempunyai types suara Kordofon. Cara memainkannmemiliki mencapai meludah senar.  

35. Alat musik tradisional : Kulanter

*

Kulanter berasal dari Jawa barat yangai mempunyai jenis suara Membranofon. Cara memainkannmemiliki mencapai dipukul, kulanter biasanmemiliki dijadimodernkan pengiring kendang.  

36. Tool musik tradisional : Gong

*

Gonew york berasal dari Jawa barat yangi jika dikota ini adalah mengeluarmodern tipe suara Membranofon. Gong biasanmemiliki di ikat ataukah dihang diatas kayu.  

37. Alat musik secara tradisional : Jengglong

*

Jengglongai berasal dari Jawa west yanew york menyerupai gong kecil. Jengglonew york biasanya dijadidimodernkan pengiring gong.

38. Alat musik tradisionalnya : Rebab

*

rebab berorigin dari Jawa barat yanew york cara memainkannmemiliki such biola yaitu di gesek. Bentuk rebab kemudian busur panah.  

39. Alat musik tradisionalnya : Talempong

*
Talemponew york berasal dari sumatra barat yangi cara memainkannmemiliki mencapai dipukul menggunbecome kayu. Bentuk talemponew york mirip mencapai alat musik bonang dari Jawa Tengah.  40. Tool musik tradisionalnya : Pupuik Batangai Padi

*

Pupuik batang padi berorigin dari sumatra Barat, bentuknmemiliki teruntuk dari ruas batamg padi yangai sudangi tua dan berbuku. Cara memainkanmiliki yaakun itu menjangkau ditiup.  

41. Alat musik tradisional : Serunai

*

seruling berasal dari sumatra barat yang terkarena dari padi, hutan dan bambu. Cara memainkannya yaitu mencapai ditiup. 

42. Alat musik tradisional : Tambua & Tansa

*

Tambua dan tansa berorigin dari sumatra west yangi teruntuk dari hutan yang dilubangai tengahnya. Cara memainkannya yaakun itu dengan dijam sechara serentak.  

43. Alat musik tradisional : Burdah atau Gendangai Oku

*

Burdah berasal dari sumatra Selatan yang terkarena dari bahan kulit binatangai atau kayu. Burdah setypes menjangkau rattles yangi cara memainkannmiliki dengan dipukul.  

44. Alat musik tradisional: Tenun

*

Tenun berorigin dari sumatra Selatan yang terkarena dari kayu yangai berbentunk segitiga. Dinambecome tenun buat seringai used such penghibur para peaction yang sedang menenun.  

45. Alat musik tradisional : Kenongai Basemah

*

Kenong basemah berasal dari sumatera Selatan yangi terbuat dari tembaga. Cara memainkannmemiliki yaakun itu menjangkau dipukul.

46. Alat musik tradisionalnya : Tebangan

*

Tebangan berorigin dari sumatera Selatan yanew york hampir mirip mencapai rebana. Cara memainkannmemiliki yamenemani itu dengan dipukul.  

47. Alat musik tradisional : Genggong

*

Genggongi berasal dari sumatra Selatan yangai sejenis dengan tool musik tiup sebagai harmonika. Cara memainkannmemiliki yaakun itu dengan terawat menjangkau tangan kiri, kemudian bagian sisinya ditempelmodernkan usai bibir.  

48. Tool musik tradisionalnya : Caklemong

*

Caklemengharapkan berorigin dari Bangka Belitungai yangai mempunyai bentuk melengkung usai bawah. Cara memainkannya yamenemani itu mencapai dipukul menggunakan pemukul.  

49. Alat musik tradisionalnya : Gambangan

*

Gambangan berorigin dari Bnomor Belitung yangi terourselves dari tujuh bagian kayu. Cara memainkannmiliki yaakun itu menjangkau dipukul menggunini adalah kayu.

50. Alat musik tradisionalnya : Kompang

*

Kompanew york berasal dari Lampunew york yangai terkarena dari kulit kambing atau kayu. Kompangi hampir mirip mencapai rebana, yangai cara memainkannmemiliki di pukul.