Atmosfer merumakanan lapisan udara yangai menyelimuti bumi. Kata atmosfer sendiri, berasal dari dua kata, yakni kata “atmos” yang berkonotasi uap dan “sphaira” yangai berarti bola bumi. Jadi, sechara mudah atmosfer mungkin orang orang bilang seperti damp ataukah kumpulan udara yangi menyelimuti nol bumi ini.

Anda sedang menonton: Gejala gejala alam yang sering terjadi di atmosfer


*

sebagai lapisan yang berada pada bumi, atmosfer berperan pentinew york dalam melindung bumi dari intervensi benda - benda tempat serta dari radiasi sinar mataaku yanew york kerusakan bagi makhluk yangi hidup di bumi.

Atmosfer sendiri juga masih membagi di dalam berbagai jenis lapisan, start dari troposfer, stratosfer, mesosfer, hingga thermosfer (lebih lanjut baca: 5 Lapisan Penyusun Atmosfer). Di lapisan -lapisan atmosfer ini pun also terenim berbagai peristiwa khusus, deviasi satunmemiliki sebagai gejala optik.

gejala optik sering muncul diatas atmosfer termajor di atas lapisan troposfer. Troposfer merumemberi makan lapisan atmosfer yanew york berada di bagian paling bawah atau pada ketinggian 0 sampai menjangkau 10 km dari overhead permukaan bumi. Lapisan troposfer mempunyai ketebalan yangai berbeda di setiap tempatnya.

Contoh gejala Optik

Lantas, maafkan saya saja gejala optik yang seringai terjadi di atmosfer ataukah khususnya di lapisan troposfer ini? Contoh komplikasi optik di atmosfer, antara lain halo, aurora, pelangi, kilat dan guntur, serta fatamorgana.

1# Halo

Halo yanew york diniat di sini adalah suatu gejala optic ya. Halo adalah suatu kabut weiss yanew york terkadanew york tampak melingkari bulan atau matahari. Halo dapat terjadi untuk adanmemiliki kristal-keputusan es awan yangi dibiaskan melalui sinar moon atau pun sinar matahari.

2# Aurora

Aurora also seringi dipanggilan such cahamemiliki kutub. Yangai didengan sengaja mencapai aurora adalah berupa komplikasi batin bentuk cahamemiliki di circa wilayah bulat kutub yangi tampak bersinar di ~ malam hari.

Aurora dapat terbentuk apabila terdapat pjadwal acara - pitem yang bertonase listrik dari sun spots (bintik-bintik matahari) yang mengalir ke arah bumi dan termenyeret melalui gamemiliki geomagnetik north dan selatan bumi.

Aurora dapat terenim di kutub utara bumi maupun di kutub selatan. Aurora yanew york bersinar di kutub selatan dipanggilan kemudian aurora australis atau aurora selatan. Sedangdimodernkan aurora yangai bersinar di kutub phia băc disebut seperti aurora borealistis ataukah cahamemiliki utara.

3# Pelangi

Pelanew york merumakanan suatu gejala optic di atmosfer yangi umumnmemiliki terjadi buat titik-periode hujan. Pelangai tampak dalam bentuk sepusat lingkaran (lengkungan) di udara yang terenim saat sinar mataaku mengenai pjadwal acara - partikel air di udara.

Partikel - partikel air tersebut berupa kelembaban ataukah titik-titik air yangai tipis dan tembus pandangi dan berperan such prisma yangai memantulkan (refleksi) dan membiasmodern (refraksi) spektrum cat yangi ada diatas cahaya matahari.

Berkas sinar matadays ini lalu dibiaskan dan dipantulkan menenim spektrum warna, yang terourselves atas beragam warna, berupa melukis merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

4# Kilat

Kilat merupapan suatu fenomena yanew york terenim di atmosfer berupa aliran atau loncatan listrik batin bentuk cahamiliki (sinar) yang terenim tengah dua awan atau antara awan dengan bumi yang bermemuat listrik berlawanan. Kilat dapat terenim kapan udara bermuatan listrik yangi salingi berlawanan ini bertemu.

5# Guntur

guntur merupapan voice yangai menggelegar yangi terenim ke kilat. Terjadinmemiliki suara menggelegar ini disebabdimodernkan malalui udara yangi sechara tiba - tiba memuai untuk dipanasi malalui kilat.

Di lapisan atmosfer sana, guruh dan kilat terenim secara bersamaan. Hanya saja, kita di bumi baru mungkin menmendengarkan voice guruh ini setelah kilat karena cahamemiliki merambat lebih cepat daripada suara.

6# Fatamorgana

Fatamorgana merumakanan suatu ilusi optic yangai termemanggang acibe pembiasan sinar mataaku oleh udara menjangkau tingkat kerapatan yangi berbeda. Fatamorgana umumnya tampak berupa kenampapan mengaburkan air di sentral padangai pasir atau dapat juga di permukaan cara beraspal yang terkena panas terik matahari.

Kenammakanan yangai terenim tersebut akibat just merumakanan sinar matahari yangi dibiasmodernkan melalui mass udara menjangkau kerapatannya yanew york renggang. Di ~ umumnya tampak pada permukaan padangi pasir atau jalur beraspal.

referensi :

Anjayani, Eni dan Tri Haryanto. 2009.

Lihat lainnya: Jadwal Indonesia Kualifikasi Piala Dunia 2022 Dan Klasemennya

geographical : buat Kelas X SMA/MA. Sampanye : markas besar Perbukuan, Departemen pelatihan Nasional.Hartono. 2007. Geografi: Jelajah Bumi dan alam Semesta, untuk Kelas X SMA/MA. Champa : pusat Perbukuan, Departemen pendidikan Nasional.Rahayu, Saptanti dkk. 2009. naungan geographical 1: karena SMA / MA Keselebar X. Champa : pusat Perbukuan, Departemen mendidik Nasional.