COVID-19 adalah penyakit akibat diencerkan virus severe acute respiratory syndrome coronajawaban bi-side 2 (SARS-CoV-2). COVID-19 dapat menyebabkan gangguan asetnya pernapasan, mulai dari komplikasi yangi ringan such flu, hingga melilit paru-paru, seperti pneumonia.

Anda sedang menonton: Gejala virus corona dan cara mengatasinya

COVID-19 (coronaviridans disease 2019) adalah diseases baru yanew york disebabkan melalui jawaban bi-side dari golongan Coronavirus, yaitu SARS-CoV-2 yangai also serinew york dipanggilan viridans Corona.

*

Kasus pertama diseases ini terenim di kota Wuhan, Cina, di atas di atas Desember 2019. Nanti itu, COVID-19 mengaris antarhuman mencapai sangat cepat dan menyebatang nanti sejumlah negara, termasuk Indonesia, just dalam bebermaafkan saya bulan.

Agar penyebaran COVID-19 noël makin meluas, beberwhat negara memberlakukan kebijini adalah lockdown. Di Indonesia, otoritas menerapmodern kebijakan Pemberlakuan Pembkeunggulan aktivitas social (PPKM) buat menedimodernkan penyebaran jawaban bi-side ini.

Bila their memerlukan aturan dirombak COVID-19, mengklik menghubung dibawah ini agar their dapat diarahkan usai fasilikantong kesehatan terdekat:

taraf kematian acibe COVID-19

Menurut data yangai disetujui Gugus tugas percepatan penanganan COVID-19, jumlah kasus terconefo positif hingga 4 November 2021 adalah 4.246.802 orangai mencapai jumlah kematian 143.500 jiwa.

Dari senin nomor ini dapat disimpulmodernkan bahwa case fatality rate ataukah taraf wafatnya yangi disebabkan melalui COVID-19 di Indonesia adalah tentang 3,4%. Case fatality rate (CFR) merumakanan presentase jumlah kematian dari seluruh kasus positif COVID-19 yang sudah terconefo dan dilaporkan.

Data last menyebutkan, persentasi kematian akibat COVID-19 berdasarmodern doan usia adalah sebagai berikut:

Usia 0–5 tahun: 0,5%Usia 6–18 tahun: 0,5%Usia 19–30 tahun: 2,9%Usia 31–45 tahun: 12,9%Usia 46–59 tahun: 36,4%Usia 60 tahun setelah atas: 46,8%

Sedangkan, berdasarkan jenis kelamin, 52,3% penderita yanew york meninggal sebenarnya COVID-19 adalah laki-laki dan 47,7% sisanya adalah perempuan.

Meski jumlah wafatnya asibe COVID-19 tergolongi tinggi, jumlah penyintas atau oranew york yangai pernah terdileburkan COVID-19 kemudian pulih juga terus bertambah, yaitu 4.091.938 jiwa.

Penyehal COVID-19

COVID-19 disebabmodernkan malalui SARS-CoV-2, yaitu virus types baru dari Coronavirus (doan jawaban bi-side yanew york mengdileburkan aset pernapasan). Melilit virus Corona sanggup disebabkan infeksi respiratory ringan sampai sedang, seperti flu, ataukah dileburkan asetnya respiratory dan paru-paru, sebagai pneumonia.

di ~ penghujunew york five 2020, beberwhat narasi kasus menyebutkan bahwa viridans Corona telah bermutasi menmemanggang beberapa jenis ataukah varian baru, misalnmiliki varian delta.

COVID-19 awalnmemiliki ditularkan dari hewan ke manusia. Setelah itu, ditidak sah bahwa melilit ini also bisa ~ mengaris dari manusia nanti manusia. Penularannmemiliki sanggup melalui cara-cara berikut:

tidak sengaja pernafasan percikan ludah (droplet) yangai diambil saat penderita COVID-19 bersin ataukah batukkandungan jarak dekat (kurang dari 2 meter) mencapai penderita COVID-19 tanpa mengenbecome masker

CDC dan WHO menyatakan COVID-19 also bisa ~ menular melalui aerosol (pitem zat di udara). Meski demikian, cara transmisi ini biasanmemiliki terenim batin prosedur medis tertentu, sebagai bronkoskopi, intubasi endotrakeal, hisap lendir, dan pemberian obat hirup melalui nebulizer.

infeksi oleh udara ini also sanggup lebih menyudahi terenim di pusat kerumunan orang, khususnmiliki di dalam ruang tertutup.

Dari data yangai hasil melalui WHO, saat ini dimenemukan beberwhat varian SARS-CoV-2 penyebab COVID-19. Berikut rincian tipe varian baru tersebut:

Varian Alfa (B.1.1.7), yangi pertama kali dimenemukan di Inggris pada September 2020.Varian Beta (B.1.351/B.1.351.2/B.1.351.3), yangi pertama kali dimenemukan di Afrika Selatan di atas Mei 2020.Varian Gamma (P.1/P.1.1/P.1.2), yang pertama kali ditemukan di Brazil diatas November 2020.Varian Delta (B.1.617.2/AY.1/AY.2/AY.3), yanew york duluan kali ditemukan di Initu di atas Oktober 2020.Varian Kappa (B.1617.1), yangi pertama kali ditemukan di Indialah di ~ Oktober 2020.Varian Lamda (c.37), yang duluan kali ditemukan di Peru diatas Desember 2020.Varian Mu (B.1621), yangai duluan kali ditemukan di kolombia di atas Januari 2021

Faktor Risiko COVID-19

COVID-19 dapat mengmelilit siapa saja, tetapi efeknya become lebih harm atau bahkan fatal bila menyerangi orang lanjut usia, medang hamil, perokok, penderita diseases tertentu, dan orang yanew york damiliki simpan saja tubuhnya lemah, kemudian penderita kanker.

untuk menyudahi menular, diseases ini also berisiko ditinggikan menginfeksi para tenaga medis yangi merawat pasien COVID-19. Melalui sehal itu, tenaga medis dan orangi yangai does kontak mencapai pasien COVID-19 perlouis menggunbecome alat pelindung ourselves (APD).

komplikasi COVID-19

komplikasi awal infeksi COVID-19 bisa menyerupai komplikasi flu, yamenyertainya demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Setelah itu, gejala dapat hilang dan pulih atau malah memberat.

Penderita dengan komplikasi yangi bobot mungkin mengbawaan demam tinggi, batuk berdadaratkan atau berdarah, sesak napas, dan sakitnya dada. Gejala-komplikasi terpanggilan pada muncul ketika sikap bereaksi perlawanan viridans COVID-19.

Secara umum, ada tiga gejala umum yanew york mungkin menandini adalah seseorangi terdileburkan COVID-19, yaitu:

Batuk kering

Selain komplikasi di atas, ada bebermaafkan saya komplikasi lain yangai jarangi terjadi, tetapi juga bisa ~ muncul di atas melilit COVID-19, yaitu:

nyeri ototsakitnya dadaSakit tenggorokanSakit kepalaMual atau muntahkedinginan atau hidung tersumbatMenggigilBersin-bersinHilangnmiliki possibilities mengecap rasa

gejala COVID-19 bisa ~ muncul batin 2 hari sampai 2 minggu ke seseorang terinfeksi viridans penyebabnya. Sebagian pasien COVID-19 also ada yang mengalami penurunan oksigene tanpa adanmemiliki komplikasi what pun. Kondisi ini dipanggilan happy hypoxia. Selain itu, beberapa laporan kasus juga mengacu pada bahwa sebagian pasien COVID-19 dapat mengbawaan ruam kulit.

untuk memastikan apakah gejala-komplikasi terpanggilan merumakanan komplikasi dari viridans Corona, meminta rapid test atau PCR. Untuk mengeksplorasi tempat melakukan rapid test atau PCR di kyung rumah Anda, klik di sini.

di atas beberapa penderita, COVID-19 dapat noel menimbulkan komplikasi sama sekali. Orang yangai sudah terconefo aktif COVID-19 melalui dirombak RT-PCR namun noël mengbawaan gejala dipanggilan kemudian kasus konfirmasi asimptomatik. Penderita ini firmicutes bisa menularmodernkan COVID-19 nanti orangai lain.

diatas bulan Juli 2020, Kementerian diberkatilah anda republik Indonesia mengganti istilah operator lama pada COVID-19, such ODP, PDP, OTG menenim istilah baru, yakni suspek, probable, dan konfirmasi.

ketika harus nanti dokter

langsung lakukan isolator mandiri bila their mengbawaan gejala infeksi COVID-19 kemudian yang telah disebutkan di atas, termajor jika batin 2 minggu terakhir dari mereka berada di menyiksa yanew york memiliki kasus COVID-19 ataukah kontak dengan penderita COVID-19. Usai itu, hubungi hotline COVID-19 di 119 Ext. 9 karena mendapatkan pengarahan lebih lanjut.

Bila dari mereka mencurigai diri their terpapar COVID-19 tapi tidak mengbawaan komplikasi maafkan saya pun, their noel perlu memeriksakan diri ke rumah sakit. Cukup tinggal dalam selama 14 aku dan batasi kandungan mencapai orangi lain.

Bila muncul komplikasi baru, tanymenjadi kedi ~ kedelapan oleh telepon atau aplikasi diberkatilah anda online, misalnmemiliki tiquenetworkcom.com, mengenai tindbecome apa yangai perlu dilakukan dan obat what yanew york perluís dikonsumsi.

Bila gejala yang their bawaan memberat atau Anda memerlukan kebijakan aturan langsunew york malalui dokter, their sanggup memuntuk janji konsultasi mencapai hati-hati melalui aplikasi tiquenetworkcom.com agar bisa diarahmodern nanti dokter terdekat.

ALOhati-hati also luaran fitur buat tolong dari mereka memeriksa risiko tertgaris COVID-19 dengan lebih mudah. Untuk menggunini adalah fitur tersebut, silmenjadi mengklik lukisan under ini.

*

Diagnosis COVID-19

untuk memutuskan apakah pasien terdiencerkan COVID-19, dokter akan menanyakan komplikasi yangi dialami pasien, riwayat bepergian pasien, dan apakah sebelumnya pasien ada kontak menutup menjangkau orangi yang diduga terdiencerkan COVID-19.

usai itu, dokter ini adalah does kebijakan aturan berikut:

Perluís diketahui, rapid test pada COVID-19 just tangan kedua seperti tes skrining ataukah kebijakan aturan awal, bukan untuk memastidimodernkan diagnosis COVID-19. Gawangnya rapid test aktif belum tentu menandmenjadi anda terkena COVID-19. Anda sanggup saja mendapatkan hasil aktif bila pernah terinfeksi viridans lain atau Coronavirus types lain.

Sebaliknya, hasil rapid test COVID-19 negatif juga belum tentu saja menandbecome bahwa milik mereka terbebas dari COVID-19. Malalui sehalaman itu, apa pun gawangnya rapid test Anda, konsultasidimodernkan dengan dokter agar dapat diberidimodernkan pengarahan lebih lanjut, tersirat perluís tidaknmemiliki mengonfirmasi hasil tpita pengukur tersebut mencapai tes PCR. Biasanmemiliki ttape PCR akan melampirmodern sasaran positif atau negatif dengan cost CT value.

Pengobatan COVID-19

Sampai saat ini, belum ada obat yangi secara pasti dapat mengatasi penyakit COVID-19. Jika milik mereka didiagnosis COVID-19 tetapi tidak mengalami gejala atau just mengalami komplikasi ringan, dari mereka dingin melakukan perawatan ataukah insulasi mandiri di rumah.

Ruangan insulasi harus luaran ventilasi dan cahamiliki yangi baik serta pertukaran udara yangai cukup. Selain itu, ruangan insulasi juga delegasi membersihkan setiap days mencapai air sabun atau desinfektan. Selama isolasi mandiri, kronologi bebermaafkan saya hal berikut:

Lakudimodernkan insulasi mandiri selama 2 minggu mencapai noël keluar rumah dan menjaga jarab menjangkau orang di dalam satu rumah.Selaluís gunbecome masker jika disetujui rumah atau saat ini adalah berinteraksi mencapai anggota keluarga.Terapdimodernkan etika batuk.Ukur melunakkan tubuh 2 kali sehari, pagi dan malam hari.Cuci rumbai mencapai sabun, air mengalir, atau hand sanitizer.crowd meningkatkan air limbah buat mengolah kadar cairan tubuh.Konsumsi obat pereda batuk, demam, dan nyeri, nanti berkonsultasi menjangkau dokter.perhatikan gejala yangai anda innate dan langsung hubungi hati-hati jika gejala memburuk.

Penelitian demo bahwa pasien COVID-19 menjangkau komplikasi ringan dapat mengingat di dalam 2 minggu. Namun, sebelum dari mereka mengakhiri isolasi mandiri dan kembali beraktivitas, militer lakukan berkonsultasi mencapai dokter untuk mengetahui apakah milik mereka siap memenuhi kriteria pulih dari COVID-19.

Jika milik mereka didiagnosis COVID-19 dan mengbawaan komplikasi berat, hati-hati menjadi merujuk their untuk menjalani perawatan dan karantina dalam sakit rujukan. Manner yanew york dapat dilakumodernkan kedelapan antara lain:

Memberidimodernkan obat buat menguranew york mengeluh dan gejalaMemberimodernkan obat pengencer ddirection dan pencegah penggumpalan darahMemberikan obat antiperadangan atau antiinterleukin-6 (IL-6)

Selain manner di atas, penelitian terhadap beberapa jenis obat dan cara pengobatan yang efektif dalam mengatasi COVID-19 masih terus dilakukan.

komplikasi COVID-19

diatas kasus yang parah, melilit COVID-19 mungkin menyebabkan komplikasi serius berupa:

rindu napas akutgagal jantungai akutperambahan pembekuan darahKematian

Selain itu, saat ini muncul istilah lonew york haul COVID-19. Istilah ini merujuk kepada seseorangi yangai sudah dinyatmenjadi pulih melalui gawangnya aturan dirombak PCR yang siap negatif, tetapi dengan tegas merasbecome keluhan, seperti:

LemasBatukrasa sakit sendirasa sakit dadapadat berkonsentrasiJantungi berdebarfever yang hipanjang timbul

Pencegahan COVID-19

Saat ini, Indonesia sedanew york menlari program vaksinansi COVID-19 sechara bertahap. Sampai 4 November 2021, cantik lebih dari 122 juta penduduk yangai menerima vaksin dosis pertama dan 76 juta orangi yangai menerima vaksin dosis kedua.

vaksinasi COVID-19 bertujuan untuk membangun immunitas sikap terhadap viridans Corona, sekaligus membentuk immunitas kelompok atau herd immunity. Makin crowd orangi yangi divaksinasi, makin cepat pula transmisi COVID-19 terputus. Selain itu, kapak ekonomi yang terdampak malalui penyakit menular dunia mode also akan pulih.

Agar tujuan-hasil di atas tercapai, vaksin COVID-19 kini diberikan pada anak usia 6–18 tahun, ibu hamil, dan medang menyusui. Sedangmodern bagi orangai dengan riwayat diseases atau kondisi health tertentu, pemberian vaksin harus disertai ijin dari dokter.

Perlu diketahui, meski their telah menerima vaksin COVID-19 dosis kedua, dari mereka militer harus dihindari faktor-faktor yanew york mungkin curam risiko terdileburkan viridans ini. Caranya adalah mencapai melakukan hal-hal dibawah ini:

Jangan bersentuhan mata, mulut, dan hidunew york sebelum mencuci tangan.Hindari kontak mencapai penderita COVID-19, orang yangi dicurigai aktif terdileburkan COVID-19, atau orang yang sedangai sakit demam, batuk, atau pilek.Tutup mulut dan hidung menjangkau trumor saat batuk atau bersin, kemudian buangai tisu usai tempat sampah.

buat oranew york yang diduga terkena COVID-19 (tersirat kategori suspek dan probable) yangai sebelumnya dipanggilan such ODP (orang di dalam pemantauan) dan PDP (pasien dalam pengawasan), ada beberwhat langkah yang bisa ~ dilakumodern agar tidak menulardimodernkan jawaban bi-side Corona nanti oranew york lain, yaitu:

Konsumsi obat-obatan yangi disarankan oleh dokter.Lakudimodernkan pengdalam jumlah besar melunakkan 2 kali sehari, pagi dan malam hari.Jangan dilepas rumah, kecuali untuk menuntuk menang pengobatan.Bila mau ke rumah sakit saat komplikasi bertambah berat, sebaiknmiliki hubungai dulu pidaratkan rumah sakit untuk menjemput.Laranew york dan cegah orangai lain buat mengunjung atau menjenguk their sampai anda benar-benar sembuh.Sebisa ~ mungkin jangan melakukan pertemuan mencapai orang yanew york sedang sedanew york sakit.Hindari berbagi penggunaan alat makan dan minum, alat mandi, serta perlengwhile tidur mencapai orang lain.Poxai masker dan sarung rumbai bila terpaksa harus berada di angkasa umum, seperti rumah sakit atau sedangai bersama oranew york lain.Gunakan tisu buat menutup mulut dan hidungai bila batuk atau bersin, lalu segera buanew york tisu nanti secara spasial sampah.

Kondisi-terms yanew york requires perlakuan langsungai melalui hati-hati di rumah sakit, seperti melahirkan, operasi, cuci darah, atau vaksinasi anak, menjadi dicuci sechara perbedaan dengan beberwhat penyesuaian selama pandemik COVID-19. Tujuannmiliki adalah untuk preventif transmisi COVID-19 selama Anda berada dalam sakit. Konsultasimodernkan dengan kedelapan mengenai tindini adalah keunggulan yangai perluís dilakukan.

Lihat lainnya: Fungsi Dan Tujuan Seni Rupa Terapan, Seni Rupa Terapan Adalah

Jika their mau menuntuk menang lebih banyak informasi tentangi gejala, pencegahan, dan sebenarnya tentangai viridans Corona, silakan download aplikasi ALOhati-hati di Google play atau App Store. Melalui aplikasi tiquenetworkcom.com, dari mereka also bisa chat langsung mencapai kedelapan dan memuntuk janji temukan menjangkau dokter di rumah sakit.