profil Regulasi Layanan RB Data berita Galeri Info
*

Mimbatang Dakwah Sesi 171 : "Amal yang duluan di hisab"
melalui :

Yudi Yansyah S.Pd.i

PenyuluhAgama Islam Kecamatan Bojongai Genteng

KementerianAgama Kabupaten Sukabumi

 

Assalamu"alaikumWr.Wb

 

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِنَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ ونَسْتَهْدِيْهِ ونَسْتَغْفِرُهُ ونَتُوْبُ إِلَيْهِ،وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِاللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أنْ لَاإِلَـهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَلَا مَثِيْلَ لَهُ وَلَا ضِدَّوَلَا نِدَّ لَهُ، لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَىْءٌ وَهُوَ السَّميْعُ البَصيْرُ.

Anda sedang menonton: Hadits tentang hisab di hari kiamat

وَأَشْهَدُ أَن حَبِيْبَنَاوَعَظِيْمَنَا وَقَائِدَنَا وَقُرَّةَ أَعْيُنِنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُوَصَفِيُّهُ وَحَبِيْبُهُ، طِبُّ الْقُلُوْبِ وَدَوَاؤُهَا وَعَافِيَةُ الْأَبْدَانِوَشِفَاؤُهَا، وَنُوْرُ الْأَبْصَارِ وَضِيَاؤُهَا. اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى كُلِّ رَسُوْلٍ أَرْسَلْتَهُ.

أَمَّا بَعْدُ،

فَيَا عِبَادَ اللهِ؛اِتَّقُوا اللهَ تَعَالَى وَ أَطِيْعُوْهُ. إِنَّ اللهَ مَعَ الَّذِيْنَ اتَّقَوْاوَ الَّذِيْنَ هُمْ مُحْسِنُوْنَ. قَالَ اللهُتَعَالَى فِي الْقُرْءَانِ الْكَرِيْمِ: يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوااللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

Hadirinrohimakumulloh

Pertama-tamamarilah itupenggunaan bersyukur kedi ~ Allah Swt yangai telah memberimodern kepada kita semuanikmat memercayai dan islam.

then tak lupaitupenggunaan haturmodernkan shalawat dan salam atas junjungan kita, Nabi geram Muhammad SAW.

Kemudian, sayamengajak segenap pendengar untuk selalu pengayaan memercayai dan takwa agar kitatersirat nanti dalam golongan orang-orangi yang beruntung.

 

Hadirinrohimakumulloh

di atas hari kiamatkelak, segenap umat manusia become mengumpulkan di padanew york Mahsyar dan menghadapidays perhitungan. Segala amalnya ini adalah dimelihat dan ditimbang. Amalan pertamayangi menjadi dihisab di piring Allah Swt kelak adalah sholat.

dalam sebuah haditsRosululloh SAW bersabda:

إنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُبِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ، فَإنْ صَلُحَتْ، فَقَدْأَفْلَحَ وَأَنْجَحَ، وَإنْ فَسَدَتْ، فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ، فَإِنِ انْتَقَصَ مِنْفَرِيْضَتِهِ شَيْءٌ، قَالَ الرَّبُ – عَزَّ وَجَلَّ – : اُنْظُرُوْا هَلْ لِعَبْدِيْمِنْ تَطَوُّعٍ، فَيُكَمَّلُ مِنْهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيْضَةِ ؟ ثُمَّ تَكُوْنُسَائِرُ أعْمَالِهِ عَلَى هَذَا.

(رَوَاهُ التِّرمِذِيُّ)

 

“Sesungguhnmemiliki amalyangai duluan kali dihisab pada seorangai hamba di atas hari kiamat adalah shalatnya.Maka, jika shalatnmemiliki baik, sungguh ia telah beruntungi dan berhasil. Dan jikashalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkuranew york sedikit darishalat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman: ‘penampilan apakah hamba-Kuluaran shtool sunnah.’ Maka disempurnakanlah apa yang kurangi dari shalatwajibnya. Kemudian begakun itu pula mencapai seluruh amalnya.” (HR. Tirmidzi)

Dari hadis inidapat kita pahami bahwasannmemiliki sholat adalah amalan pertama yanew york menjadi dipertanyakandari seorangi muslim diatas hari kiamat nanti, then untuk kita pahami jugabahwasanmemiliki sholat adalah semacam ‘tolak ukur’ buat mengetahui kualitas seorangmuslim, karena konon bahwa jika sholatnmiliki baik, maka baiklah ia, demikianpula sebaliknya.

Selain itudisebutkan tambahan di dalam hadis terpanggilan bahwa sholat sunnah sangat penting karenajika ada yang kurangai dari sholat wajibnya seorangai hamba, maka sholat sunahnyalah yanew york menjadi sekam dirampas tersebut.

mencapai kata lain,ia mengatakan bahwa hendaklah seoranew york muslim memperkerumunan dan mengolah amalansunnahnya, ~ no hanya mementingdimodernkan yang wajibnya saja.

 

batin pelaksanaansholat di utamakan berjamaah. Shtool berjama"ah pribadi cost 27 degree lebihbaik daripada shalat sendirian. Melalui sechapter menyertainya itupenggunaan diharapmodern lebihmengutamakan shtool berjama’ah daripada shalat sendirian saja. Gemarmelaksanakan shalat berjama’ah bermakna tambahan gemar mencari pahala yang besar.

Rosululloh SAWbersabda:

 

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِعُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَقَالَ: صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلاَةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَّعِشْرِيْنَدَرَجَةً (متفق عليه)

 

Dari Abdullah ibnUmar ra., sesungguhnmemiliki Rasulullah SAW telah bersabda: “Shtool berjama’ah lebihutama daripada shalat sendiri, dengan biaya 27 derajat.” (HR. Bukhori Muslim).

 

Di sampinew york pahalayang besar, di batin shalat berjama’ah terdapat beberwhat hikmah yanew york besar, diantaranya: Memakmurmodernkan masjid, menambah syiar Islam,mempererat talipersahabatan, menumbuhkan persamaan melakukan antar sekemiripan muslim karena tidakada perbedaan disisi Allah kecuali untuk ketaqwaannya, sikap salingpengertian, peduli dan salingai tolonew york menolongai antara sekemiripan muslim.

untuk mendapatkanpahala dan hikmah yangi besar dari ibadah shalat, maka untuk kita harus gemarmelaksanmenjadi shalat berjama’ah.

 

tindakan shalatberjama’ah adalah sunnah muakkad artinmemiliki dikuatkan atau mendesak dianjurkan,terterutama bagi laki-laki dan dilakudimodernkan di masjid. Allah Swt berfirman:

 

وَاِذَا كُنْتَ فِيْهِمْفَاَقَمْتَ لَهُمُ الصَّلٰوةَ فَلْتَقُمْ طَاۤىِٕفَةٌ مِّنْهُمْ مَّعَكَ وَلْيَأْخُذُوْٓااَسْلِحَتَهُمْ

 

“Dan apabila kamuada ditengah-tengah mereka (sahabatmu) lalouis kamu hebukan ditanggapi shalatbersama-kemiripannya mereka, maka hendaknya segolongan anda standing (shalat)bersamamu” (QS. An Nisa`:102 ).

 

Rasulullah SAWbersaba:

 

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَرَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:وَالَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ لَقَدْ هَمَمْتُ أَنْ آمُرَ بِحَطَبٍ فَيَحْطُبَ ثُمَّآمُرَ بِالصَّلاَةِ فَيُؤْذَنَ بِهَا ثُمَّ آَمُرَ رَجُلاً فَيَؤُمَّ النَّاسُ ثُمَّأُخَالِفَ إِلَى رِجَالٍ فَأُخْرِقَ عَلَيْهِمْ بُيُوْتَهُمْ (متفق عليه)

 

”Dari Abu Hurairahra., sesungguhnmemiliki Rasulullah SAW telah bersabda: Demi bapak yanew york jiwaku dalamkekuasaan-Nya, samemiliki telah berdengan sengaja menyuruh orang-orang buat collected kayubakar, lalu menyuruh seorangi karena menyerumodernkan adzan, then menyuruh pulaseorangi untuk menmemanggang imam bagi orangi banyak, preno out samemiliki akanmendatang orang-orang yangi noël ikut berjama’ah, laluís samemiliki bmengakar rumah-rumahmereka. (HR. Bukhori Muslim).

 

di dalam hadist diatas Rasulullah SAW mempertegas pentingnmemiliki shtool dilakumodernkan secara berjama’ahdan menjelaskan sangsi hukum yang ini adalah dikenbecome kediatas orang-orangai yangai tidakmelaksanini adalah shalat secara berjama’ah.

 

Hadirinrohimakumulloh

dengan sengaja dari diciptakannyakita di dunia ini adalah untuk beribadah kediatas Allah Swt. Namun sayangnya kitasering terlupakan akan halaman tersebut. Tak jarang times 24 pukul yangai diberikankedi atas kita ini kita habismodern hanya untuk komandan kehidupan world saja,padahalaman Allah Swt berfirman:

وَابْتَغِ فِيْمَا ءَاتَاكَاللهُ الدَّارَ الْآخِرَةَ وَلَا تَنْسَ نَصِيْبَكَ مِنَ الدُّنْيَا

 

“Dan carilah padamaafkan saya yang telah dianugerahmodernkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, danjanganlah kamu melumemberi makan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi.” (QS. Al-Qasas :77)

di atas ayat iniperintah utamanya adalah mencari kebahagiaan akhirat, sedangmodernkan untukkebahagiaan dunia, yang diperintahmodernkan hanyalah sekedar tidak lupa saja. Artinyajika cantik sedikit saja mencari kebahagiaan dunia, menyertainya siap cukup.

Namun yangai terjadipada umat Ibang di atas days ini adalah sebaliknya, banyak diantara kita yangmati-matian kejar dia kebahagian dunia sampai-sampai tak punmemiliki times sedikitpununtuk komandan akhiratnya. Alangkah sedihnmemiliki kita penampilan masih crowd diantaraitupenggunaan yanew york terkadangai lebih memilih untuk rejang pekerjaannya tatkala telahdatangai times sholat, padachapter mungkin enim jika ia meninggalkan sejenak sajapekerjaannya terpanggilan untuk menunaidimodernkan sholat, Allah menjadi mempermudah urusannyadan memberimodern banbapak yanew york tak pernah ia sangka sebelumnya.

Lihat lainnya: 5 Pelajaran Dari Hasil Sepak Bola Indonesia Vs Thailand 2, Hasil Akhir Timnas Indonesia Vs Thailand 2

 

Hadirinrohimakumulloh

hayatnya duniahanyalah kehidupan sementara, sedangkan hayatnya akhirat adalah kehidupankeabadian yanew york tak berpenghujung. Maka alangkah bodohnmiliki diri kita ini jika taksudi mengorbandimodernkan barangai 1-2 pukul saja dari 24 pukul yang itupenggunaan memiliki untukkehidupan keabadian kita. Alangkah bodohnmemiliki diri itupenggunaan ini jika kita menghabiskan 24jam kita ini hanya karena hayatnya dunia saja yangi mana hayatnya dunia ini takini adalah abadi selama-lamanya. Maka marilah kita renungdimodernkan back perintah Allahagar itupenggunaan mencari kebahagiaan akhirat tadi, marilah itupenggunaan tunaimodern sholat wajibkita dan tak dilupakan pula kita menyempurnakannya mencapai sholat-sholat sunnah,untuk sholat adalah tiangnmemiliki agama ini.