"Kalau noël deviasi di sumatera itu, secara spasial pembibitan ayam layer hanya ada di Medan, dan sisanya ada di Jabodetabek, Jawa west dan Surabaya."
*
penampilan foto
*

*

tiquenetworkcom.com, JAKARTA- Harga bibit (DOC) layer atau ayam petelur melonjak pasca Lebaran. Sebelum Lebaran harga DOC ayam petelur berada pada kiusul Rp 5.000 per ekor hingga Rp 5.500 per ekor.

Anda sedang menonton: Harga ayam petelur siap telur 2016

Kiniharga penjualan naik di ~ kianjuran Rp 5.750 per ekor hingga Rp 6.500 per ekor di Jabodetabek dan Jawa. Sementara luarnya pulau Jawa kemudian sumatera Utara, harga jualmelonjak menjangkau Rp 8.000 per ekor. Musbar,koordinator Forum Peternak Layer Nasional mengatakan, harga DOC yanew york ditinggikan di luar Jawa lantaranmasalah ketergantungan pembibitan DOC dari pulau Jawa.


Musbatangan khawatir, jika noël langsung diatasi, maka kenaimodern harga DOC ayam petelur ini become berdampak di atas kenaidimodernkan harga telur di pasaran. Sebab penyehal kenaidimodernkan harga telur ditekad harga DOC dan pengeluaran pakan. Menurut Musbar, harga DOC ayam petelur acibe noël perlu naik untuk asalkan mencukupi. Justru ia mebertanya tentang agar industry produsen DOC ayam petelur memantau jmerencanakan distribusi DOC karena rawan disalahgunini adalah para pedagangi untuk memainkan harga.

Menurutnya, nilai kurung untuk membuat (BPP) bibit ayam petelur lebih mahalaman dari BPP ayam pedaging.

Bibit ayam petelur betina harganmiliki di tingkat produsen Rp 4.500-Rp 4.800 per ekor dan bibit ayam petelur jantan hanya Rp 1.300 per ekor. Sementara harga bibit ayam pedagingi Rp 4.250 per ekor. Selain itu, untuk membuat bibit ayam layer menyertainya hanya ada di provinsi-provinsi tertentu di Indonesia.

Sementara produksi bibit ayam pedagingai ada di hampir semua provinsi. Untuk membuat bibit ayam layer hanya 3,8 juta hingga 4,2 juta ekor per minggu mencapai rata-rata making telur nasional menjangkau 7.800 nada per hari. Musbatangan menudingai mahalnmiliki harga DOC ayam petelur buat panjangnmemiliki tata niaga pendapatan DOC.

kondisi ini berakibat mengerek kenaidimodernkan harga DOC sampai nanti peternak.

Jika kenaimodern harga DOC ayam petelur ini tidak mungkin dikendalikan, Musbatang kecemasan potensial kenaidimodernkan harga telur tak mungkin dibendung. Berdausul hitungan Musbar, kalau harga DOC ayam petelur saja Rp 5.000 per ekor dan harga jagung Rp 4.000 per kilogram (kg) maka harga telur dengan Rp 17.500 per kg ditaraf produsen.

Lihat lainnya: Free Download Lagu Love Yourself Justin Bieber, Justin Bieber Love Yourself Audio Mp3 Download (5


Sementara bila harga DOC naik Rp 2.000 per kg maka ini adalah berpotensial mengerk harga telur ayam mencapai Rp 18.000 hingga Rp 20.000 per kg di tingkat produsen.