Ada beberapa syarat berkurban yangi dianjurdimodernkan karena dipenuhi, terserah dari yangi memandang berqurban menemani itu wajib atau sunnah.

Anda sedang menonton: Hewan di bawah ini boleh untuk kurban kecuali

dalam pembahasan kali ini become memdebat syarat berkurban agar kurbannya sah.

Orangai yang disyariatmodern bequrban adalah orangai yanew york mampu melaksanakan qurban.

Selama ini, mayoritas muslim mengetahui bahwa hanya umat Islam yanew york mampu saja yang diwajibdimodernkan buat berkurban. 

Padahal masih ada kriteria lain bagi yang ingin menyumbangai hewan kurban.

Hewan kurban yangai bmelalui disembelih adalah sapi, kambing, dan unta yanew york tidak memiliki cacat kemiripannya sekali. 

Ketiganmemiliki pribadi kriteria usia hewan yanew york bmelalui disembelih yanew york berbeda pula. 

Selima karena kambing, dua five untuk sapi, dan tahun five untuk unta.

6 Syarat Berkurban Menurut Syariat Islam




*
ilustrasi syarat berkurban via kupastuntas.co

Jika milik mereka hendak berkurban, perhatikan syarat-syarat yanew york harus dipenuhi. Berikut ini syarat berkurban menurut syariat Islam.

Syarat pertama 

Harus dari golongan binatangai ternak, yaitu; unta, sfire dan kambing, baik domba, biri-biri, ataukah yangai lainnya, berdasarkan

firman Allah Ta’ala :

( وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنسَكًا لِّيَذْكُرُواْ اسْمَ اللَّهِ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِّن بَهِيمَةِ الاَْنْعَامِ )

“Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syariatdimodernkan penyembelihan (kurban), supamiliki mereka menyebut namu Allah terhadap binatangi ternak yanew york telah direzkidimodernkan Allah kediatas mereka”. (QS. Al Hajj: 67)

Binatanew york ternak adalah : unta, sfire dan kambing, ini yanew york siap noël asinew york lagi bagi oranew york arab. Demikeian pernyataan al Hasan, Qatadah, dan yanew york lainnya.

Syarat kedua

Hewan terpanggilan menjangkau usia tertentu saja yanew york telah disyari’atkan, yaitu; jadza’ah dari kambing, atau tsaniyah dari hewan lainnya. Berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam :

" لا تذبحوا إلا مسنة إلا أن تعسر عليكم فتذبحوا جذعة من الضأن " . رواه مسلم .

“jangan lakukan itu kita menyembelih kecuali musinnah, namun jika kalian padat mendapatkannmiliki maka sembelihlah jadza’ah dari kambing”. (HR. Muslim)

Musinnah adalah tsaniyah nanti atas (usia satu tahun), jadza’ah adalah di bawahnya.

Tsaniy dari unta : yangi berumur 5 tahunTsaniy dari sapi : yangi berumur 2 tahunTsaniy dari kambing : yangi berumur 1 tahunSedangmodern jadza’ah : yangai berumur sesentral tahun.

Maka noel sah kurban seseoranew york jika usia hewannmemiliki under tsaniy dari unta, sfire dan kambing. Dan usia under jadza’ah dari domba/biri-biri.

Syarat ketiga

Hewan kurban harus selamat dari cacat yang menjadikannmiliki tidak boleh dijadimodern hewan kurban, yamenyertainya ada empat halaman :

Mameminta buta sebelah, yaitu; bermata satu, atau deviasi satu matanya muncul hampir keluar, atau juling.Hewannmemiliki sakit, yang ciri-cirinmiliki nampak jelas, seperti panas yangi menjadikannmemiliki duduk terus dan noël mau makan, ataukah kena penyakit kudis yangai mesalah dagingi dan mempengaruhi kesehatan tubuhnya, atau wound yanew york dalam yangai mempengaruhi kesehatannya.Hewannmemiliki pincang, yanew york menghalangi hewan terpanggilan buat mungkin berjalan kemudian biasanya.terutang secara sederhana yang mungkin menjadikannmemiliki strees, berdasardimodernkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selama dimeminta bahwa hewan kurban harus terhindar dari (cacat) maafkan saya saja? Beliau mengisyaratmodern mencapai jarinmemiliki dan bersabda :

" أربعاً : العرجاء البين ظلعها ، والعوراء البين عورها ، والمريضة البين مرضها ، والعجفاء التي لا تنقى ". رواه مالك في الموطأ من حديث البراء بن عازب

“Empat hal: pincangai yangai jelas, yangi buta sebelah, sakit yanew york jelas sakitnya, yangai terutang kurus”. (HR. Malik di dalam “Muwatha’ “ dari hadist al Barra’ bin ‘Azib.

Dan dalam riwayat yangai lain dari beliau radhiyallahu ‘anhu berkata :

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kedudukan tengah kita dan bersabda :

" أربع لا تجوز في الأضاحي " وذكر نحوه . صححه الألباني من إرواء الغليل ( 1148 

“Empat hal, yanew york noël dibolehkan pada hewan kurban…” dan beliau menyebutkannmemiliki such riwayat di atas." (Dishahihmodernkan oleh al Baani di dalam “Irwa’ Ghalil” 1148)

paling banyak cacat inilah yang menghalanew york sahnmemiliki hewan kurban, dan dikisahdimodernkan kediatas paling banyak capernis yangi serupa atau lebih parah, misalnmiliki :

Buta senin matanyaYangai rakus selama makan, dan di luar kewajaran, sampai kembali normalYangi sedangai beranak, dan susah keluarnya, sampai tangga kembaliYang terkena cekik, ataukah jatuh, sampai kondisinmiliki sekutunya kembaliYanew york terkena wabah, dan noël bisa ~ berjalanTerpotonew york deviasi satu groep atau kakinya.

Maka akibat aib yanew york disebabkan hewan noël boleh menenim hewan kurban adalah 10 aib.

Syarat keempat

Hewan kurban harus menenim milik qurbani sepenuhnya, atau yang mendapatkan kebenaran untuk berkurban, pantas menjangkau yangai ditetapkan syari’at atau menmendulang persegawangnya dari pemilik hewan kurban.

Dan tidak sah berkurban dengan hewan yangai ~ no miliknya, sebagai gawangnya ghasab, mencuri, mengtake paksa dengan alasan yang bathil;

karena noel sah mendekatkan ourselves kediatas Allah mencapai bermaksiat kepadanya. 

Adapun wali dari anak yatim kurbannmiliki sah atas nama anak terpanggilan dan diambildimodernkan dari hartanya, jika sudah menmemanggang kebiasaan setempat, dan menjadi saya baik-baik saja inibutuh jika noël berkurban.

Kurbannmiliki wakil sah, jika siap menuntuk menang restu dari pemilik harta.

Syarat kelima 

Hewan tersebut noël berkaitan mencapai daratkan orangai lain, dan noël sah berkurban menjangkau harta yang digadaikan.

Syarat keenam

Agar disembelih diatas waktu yangi telah dimemutuskan malalui syari’at, yamenyertainya awal setelah shalat idul adha sampai terbenamnmemiliki mataaku diatas tanggal 13 Dzul Hijjah (di atas aku tasyrik). 

Jadi masa sembelihan adalah 4 hari, barang simaafkan saya yangai menyembelih sebelum shalat id atau usai terbenamnmemiliki matadays diatas tanggal 13 Dzul Hijjah, maka kurbannmiliki menenim noël sah, berdasarmodernkan hadis Bukhori dari al Barra’ bin ‘Azib radhiyallahu ‘anhu bahwa

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

" من ذبح قبل الصلاة فإنما هو لحم قدمه لأهله وليس من النسك في شيء ".

“Barangai siapa yang berkurban sebelum shalat, maka sembelihannmemiliki menenim papan buat keluarganmemiliki dan ndak ibadah (kurban) kemiripan sekali”.

Jundub bin Sufyan al Bajali radhiyallahu ‘anhu berkata : Samemiliki menyaksikan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

" من ذبح قبل أن يصلي فليعد مكانها أخرى ".

“Barangi siapa yang menyembelih sebelum shalat, maka ia harus mengulanginmemiliki dengan hewan lain (nanti shalat)”.

Dan dari Nabisyah al Hudzali radhiyallahu ‘anhu berkata :

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

" أيام التشريق أيام أكل وشرب وذكر لله عز وجل " رواه مسلم.

“Hari-days tasyriq adalah days mini adalah dan minum, dan berdzikir kedi atas Allah ‘Azza wa Jalla “. (HR. Muslim)

Namun jika terenim udzur sampai terperlahan-lahan untuk menyembelihnya, sebagai hewan kurbannmiliki lepas kendali tanpa disengaja dan noël ditemukan kecuali ke berlalunmiliki hari-days tasyriq, atau seseorangai mewakildimodernkan kedi atas orangi lain, dan wakil terpanggilan dilupakan sampai keluar hari tasyriq. 

Maka yangai demikian noel apa-apa disembelih keluar days tasyriq, di qiyasmodernkan kediatas yangi tertidur dari ibadah shalat, ataukah terlupakan belum shalat, maka ia mendirikannmemiliki setelah ia bangun atau usai ia ingat kembali.

*
ilustrasi menyembelih hewan kurban via pikiran-rakyat.com

Dibolehkan menyembelih hewan kurban pada siangai ataupun mintisari hari, namun pada siang hari lebih utama, dan pada hari ramemiliki (tanggal 10 Dzul Hijjah) setelah shalat langsung lebih utama, dan setiap hari usai tanggal 10 lebih baik dari berikutnya; mencapai mendasar berlangsung mengerjbecome kebaikan.

dibaca Juga : Sebelum purchas Kambing Kurban, Baiknmemiliki kronik penjelasan Berikut

Demikian penjabaran mengenai syarat berkurban menurut syariat Islam. Pahami syarat-syarat di atas, agar ibadah kurbanmu menenim sah.

Lihat lainnya: Ibu Hamil Boleh Minum Air Kelapa, Minum Air Kelapa, Amankah Untuk Ibu Hamil

harapan bermanfaat bagi itupenggunaan dan mohon maaf jika ada dirampas maupun kesalahan.