mengajukan Regulasi Layanan RB Data news Galeri Info
*

Mimbatang Dakwah Sesi 48 : Pria Calon Pengharry Neraka Jahanam
melalui :

Yudi Yansyah S.Pd.i

PenyuluhAgama Ibang Kecamatan Bojongi Genteng

Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi

 

Assalamu"alaikum Wr.Wb.

Anda sedang menonton: Hukum laki laki berkata kasar kepada perempuan

pendengar rohimakumulloh

Di dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW menyampaikanbahwa kebanymenjadi pengharry neraka adalah wanita. Namun meski begitu, neraka bisamenmemanggang tempat bagi banyak pria.

 

juga kaum pria mungkin menjangkau mudah masuk nanti dalamAn-Nar atau neraka bila mereka beruntuk dzalim dan mengabaikan tanggunew york jawabnyakemudian pria.

 

Berikut ini golongan pria yanew york masuk neraka:

1. Ayah durhaka

Golongan pria pertama yangi dilampiri neraka adalah ayahyanew york noël bertanggung jawab terhadap anak-anaknya. Ayah ndak hanya sekedarpasangan dari ibu, ayah ~ no sekedar pencari nafkah , usai akun itu selesaiurusan, ayah bukanlah sosok asingi dalam yangai bicara seperlunya, atau hanyadiperlukan. Namun ayah merupapan pria yangi bertanggung jawab terhadap keluarga,istri dan putra-putrinya. Noël hanya bertanggung jawab terhadap kebutuhanekonominmemiliki , tapi juga akhlaknya, pendidikan, dan keberhasilan dunia danakhirat. Inilah berita Rasulullah SAW dalam sabdanya:

 

كُلُّكُمْرَاعٍ فَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ، فَالأَمِيرُ الَّذِي عَلَى النَّاسِ رَاعٍ وَهُوَمَسْئُولٌ عَنْهُمْ، وَالرَّجُلُ رَاعٍ عَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُمْ

 “Setiap kamuadalah pemimpin, dan setiap pemimpin menjadi dimintai pertanggungjawaban terhadapapa yangai dipimpin, Seorangi lelaki adalah pemuka bagi anggota keluarganya, danIa akan dimintai diberi tahu terhadap what yangai telah dipimpinnmemiliki atasmereka.”(HR. Bukaku no. 2554 dan Muslim no. 1829)

 

Sementara di dalam Alquran, Allah juga telahmenggariskan mewajibkan setiap orang beriman.

 

يَٰٓأَيُّهَاٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ قُوٓا۟ أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا ٱلنَّاسُوَٱلْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَٰٓئِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُونَ ٱللَّهَ مَآأَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Hai orang-orangai yanew york beriman,peliharalah dirimu dan keluargamu atas api neraka yangi nyata bakarnmiliki adalahmanusia dan batu, penjaganmemiliki malaikat-malaikat yang kasar, keras dan tidakmendurhaksai Allah terhadap maafkan saya yangdiperintahkan-Nmiliki kediatas mereka yanew york selalu mengerjini adalah apa yanew york diperintahkan,”(QS.At Tahrim:6)

 

Ayah merupakan benteng kekuassaan bagi putra-putrinyadari perbuatan maksiat dan dosa. Jangan sampai seorangi ayah dirugikan kepekaaniman, sehingga membiarkan anggota keluarganmiliki larut batin gelimang maksiat dandosa. Atau yang lebih pdirection Ia sendiri yangi menjerumusmodern istri dananak-anaknya di dalam dosa. Ada ancaman yangai mendesak bobot terhadap ayah yang tidakperduli terhadap agama dan akhlaq putra putrinya.

 

sebagai ayah yangi tidak peduli mencapai pakaiananak-anaknya, membiardimodernkan auratnmemiliki melarang dan menenim pemandangan umum. Atauseoranew york ayah yangai membiarkan anaknmiliki pergi berdua-duaan menjangkau lelaki lain yangndak muhrimnya. Para pria kemudian ini disebut dayyus, dan dayyus termasukterancam orangi yangi noël dilampiri surga. Jika surga noel menerima, tentu saja nerakalah ruang angkasa kembalinya.

 

عَنْ سَالِمِبْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ، أَنَّهُ سَمِعَهُ يَقُولُ: حَدَّثَنِي عَبْدُ اللهِبْنُ عُمَرَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” ثَلَاثَةٌقَدْ حَرَّمَ اللهُ عَلَيْهِمُ الْجَنَّةَ: مُدْمِنُ الْخَمْرِ، وَالْعَاقُّ، وَالدَّيُّوثُ“، الَّذِي يُقِرُّ فِي أَهْلِهِ الْخَبَثَ

Dari Sâlim bin Abdullah bin Umar, berkata: Abdullahbin Umar Ra. Bertale kepadaku bahwa Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, “Tiga orang yangi Allâh harammodernkan surga karena mereka: pecandu khmar(minuman keras), anak yangai durhaka, dan dayûts, orang yangi membenarkankejahatan di keluarganya”. (HR. Ahmad, no. 5372, 6113. Dishahihkan oleh syaikhSyu’aib al-Arnauth di dalam Takhrij Musnad Ahmad)

 

Ancaman terhadap ayah yangai menjadi dayus sejatinyabersasaran agar mereka menenim pemimpin yang baik bagi anggotaenam keluarga lainnya.Hari-hari ini, kawanan ayah yangai dirasakan tanggungjawab dan pengasuhan anakjenuh ada di Ibu. Ia sudah merasa cukup memenuhi mereka mencapai berbagaifasilitas.

 

2. Suami yang Dzalim

Golongan kedua yanew york become menenim penghuni nerakayaitu suami yangai durhaka dan dzalim kepada istrinya. Istri merumakanan amanahyang dimeninggalkan walinmiliki kedi atas seoranew york pria yanew york bernama belakang suami. Tutor perempuan itutentu saja mau masalah anak, saudara mereka untuk mereka yakin suaminmemiliki dapatmengolah anak dan saudara mereka mencapai baik.

 

berita beruntuk baik kedi atas perempuan bukan saja harapansetiap wali, tetapi perintah yang jernih ditegaskan oleh Allah dan Rasul-Nmemiliki dalamkitab dan sunnah.

 

 ۚ وَعَاشِرُوهُنَّ بِٱلْمَعْرُوفِ ۚ فَإِن كَرِهْتُمُوهُنَّفَعَسَىٰٓ أَن تَكْرَهُوا۟ شَيْـًٔا وَيَجْعَلَ ٱللَّهُ فِيهِ خَيْرًا كَثِيرًا

Dan bergaullah dengan mereka secara baik, kemudianbila kamu noël bagus mereka, maka bersabarlah untuk bisa kamu tidaksebagai sesuatu, padahal Allah menjadikan kepadanya jenis yangi banyak. (QSAnnisa:19).

 

implisit di dalam halaman yanew york baik yaitu, baik dalamberhati-hati kata, baik memperlakukannya, noel berpembayaran di muka masam ketika bertemu,begitu juga baik dalam nafkah. Mengendarai menjangkau baik, berarti tambahan kesamaan dankesetaraan. Artinmemiliki suami akan mendapat menyembuhkan baik dari istri kapan suamimemperlakukan istrinmemiliki mencapai baik. Kelewat suami dibertanya bersabar, menerimakekurangan dari istrinya. Juga ketika istri, noël melaksanmenjadi kewajibannyadengan maksimal.

 

لَا يَفْرَكْمُؤْمِنٌ مُؤْمِنَةً إِنْ كَرِهَ مِنْهَا خُلُقًا رَضِيَ مِنْهَا آخَرَ

“tidak suami yang berimanmembenci istrinmiliki yangai beriman. Jika dialah noël ibarat satu akhlak darinya,itu pasti ibarat akhlak lain darinya,”(HR Muslim).

 

Merumemberi makan baik istri buat menuntuk menang nafkah darisuaminya, baik menemani itu pangannya, pakaiannya, angkasa tinggalnmemiliki dan segenap keperluanyangai disesuidimodernkan dengan pilihan suami dan statusnya istri. Kelewat batin chapter pangan,daratkan istri karena menuntuk menang makanan sudah santap dari suaminya, demikian jugabutuh secara spasial tinggal. Sebagian fasih fiqih mengatakan, ruang angkasa tinggal untukistri, harus khusus karena istri terpanggilan tidak bmalalui bercampur denganfamilic lainnya. Dan jika istrinmemiliki berorigin dari kalangan berada yang biasamelayani dengan pembantu, maka haknmiliki juga untuk menmendulang pembantu yangdisediini adalah malalui sangai suami.

 

Merumemberi makan sebuah kedzaliman, jika suami memilikikelapangan ekonomi tetapi kikir terhadap istrinya. ~ cenderung mengebirihak-haknya, Sifat kikir amat dicela Allah dan Rasul-Nya. Apalagi jika itudilakukan terhadap orangai yangai berhak, kemudian istri. Oleh sehal itu, dalamkasus suami yang mampu tfire kikir, Rasulullah SAW memberry keringanan atas istriuntuk menguntuk mengambil harta suami sewajarnya, meski menjangkau diam-diam. Chapter ini tidakdianggap pencurian, buat Ia luaran ke kanan di atas harta suami.

 

Sungguh pria sepengemudian yangai menafkahi keluarga darikeringatnya sendiri, seorangai pria sejati tidak memberi beban kediatas istrinyabuat temukan nafkah apalainnya sampai bergantung kedi atas pemberian istri, inicermin tanggungjawab dan kepemimpinan yanew york lemah.

 

ما مِن عَبْدٍاسْتَرْعاهُ اللَّهُ رَعِيَّةً، فَلَمْ يَحُطْها بنَصِيحَةٍ، إلَّا لَمْ يَجِدْ رائِحَةَالجَنَّةِ.

 “Tidaklahseorang hamba diklaim tanggungai jawab melalui Allah kemudian itu abai, melainkandialah pasti tak mencium kesalahan surga.” (HR. Bukhari)

 

3. Pemarbelan yangai noël Bertanggungjawab

Golongan laki-laki yangai noel dilampiri surga adalahsaudara laki-laki, sebab jika ayahnmemiliki telah tiada, tanggungjawab menjagaseoranew york feminin adalah saudara lelakinya. Termasuk batin halaman ini paman, jikamereka hanya mementingdimodernkan keluarganya saja, sementara adik ataukah keponakannyadibiarmodern jauh dari ajaran Islam, maka tunggulah ancaman neraka di akhiratkelak.

 

saudara laki-laki pribadi kewajibann yangi melekatterhadap saudara-saudara perempuannya. Mulailah dari mendidik, menyayangi,melindungi, dan membela mereka. Jika ayah telah wafat, maka saudara laki-lakiberperan sebagai pengganti ayah, diamanatkan memberimodernkan nafkah kepada saudarabanci yang belum memenikah ataukah yang menjdari mereka jika mereka noel mampu.

 

Saudara wanita delegasi mentaati dan menghormatisaudara laki-lakinya. Jika jtheir terpanggilan memiliki anak, maka anak tersebutyang diamanatkan memberimodern nafkahnmiliki adalah ayahnya, jika Ayah telah wafat makakakek dari ayah atau saudara dari ayah yanew york wajib memberi nafkah kediatas anak-anakjmilik mereka tersebut.

 

kakak beradik yanew york menelantarkan saudaraperempuan, maka Ia telah durhaka kedi ~ orangtuanya. Saya bersedia mengurus lain dari saudaralaki-laki adalah mengolah harta saudara perempuannya, jangan malahmengkhianatinya dengan merampas hartanya. Ia juga tidak bolehmenghalang-halang jika ada orang baik yanew york melamar saudarinya.

 

4. Muda yanew york tidak merawat Orangtuanya

Golongan pria paling banyak yangai dilampiri neraka karenauntuk melepaskan menjalankan tugasnmemiliki adalah anak laki-laki.

 

جَاءَ رَجُلٌإِلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: مَنْ أَحَقُّ النَّاسِبِحُسْنِ صَحَابَتِي؟ قَالَ: "أُمُّكَ" قَالَ: ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ:"ثُمَّ أُمُّكَ" قَالَ: " ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ: "ثُمَّ أُمُّكَ"قَالَ: ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ: "ثُمَّ أَبُوكَ (رواه البخاري، رقم 5626 ، ومسلم، رقم2548

“Seseorang mendatangiRasulullah sallallahu alaihi wa sallam seraya bertanya, “Wahai Rasulullah siapaoranew york yangi paling berke kanan untuk dipergauli secara baik? Beliau bersabda,“Ibumu.” dia berkata, “kemudian simaafkan saya (lagi)?’ Beliau berkata, “KemudianIbumu.’ itu berkata, “kemudian siapa (lagi)?’ Beliau berkata, “kemudian Ibumu.’itu berkata, “kemudian siapa?’ Beliauberkata, “then ayahmu.” (HR. Bukhori, no. 5626 dan Musim, no. 2548).

 

Sechara khusus, Islam menekankan baik tengah terhadaplaki-laki kandungnya, mengmaafkan saya terhadap anak wanita kandungnmemiliki tidak. Karenake anak wanita memenikah Ia lebih bertanggung jawab mentaati suaminyadibandinew york Ibunya, sedangmodern bocah meski siap menikah, tidak mengurangikewajibannya untuk berbakti kepada orangtuanya. Dan berbakti kediatas tengah lebihdi dahulumodern liêu kepada istrinya. Jadi pengabdian bocah kepadamedang kandungnmiliki noël putus, tetapi pengabdian anak banci lebih kepala kepadasuaminya. Melalui karena itu, bocah lebih terikat kepada Ibunmiliki dibandinganak perempuan. Laki-laki wajib menafkahi istri dan anaknya, dan also wajibmemlinimasa nasib tengah kandungnya. Jika ibunya noël mampu, maka kewajibannafkahnya also menmemanggang tanggungjawabnya. Seorangi Istri tambahan harus menyadaribahwa tanggung jawab suami juga terhadap medang kandungnya, maka para istri doronglahsuami untuk lebih berbakti kepada Ibunya.

Lihat lainnya: Info Pembayaran Lahan Tol Serang-Panimbang, Bpn Lebak : Pembebasan Lahan Tol Serang

 

Orang-orangyangi durhaka kepada tengah bapaknya, Allah become menurunmodernkan siksanmiliki di dunia ini.tidak harus menunggu menanti di alam kuburatau di akhirat, siksaan akun itu berbagaimacam bentuknya, mungkin mengganggu keluarga yanew york noël kunjungi selesai, anak-anakyang noël mungkin diarahkan, rezeki yangi tidak kunjung datanew york dan lainsebagainya. Maka pentingai bagi muda buat memkronik Ibukandungnya. Akun itu siap menmemanggang saya bersedia mengurus dan tanggungjawabnmemiliki jangan sampai tugasini dilalaidimodernkan yang menjadi penyehal Ia terjerumus setelah neraka.