Halo Fira! Senangi didefinisikan punmemiliki kesempatan untuk wawancara deviasi satu teman lama yangi sekarangi dapat kesempatan kuliah keluar negeri :...

Anda sedang menonton: Ingin kuliah diluar negeri tapi tidak bisa bahasa inggris


Senangai akhirnya punmemiliki kesempatan karena wawancara deviasi satu teman lamayanew york sekarang dapat kesempatan kuliah luarnya negeri : )
*

Hai tiquenetworkcom.com. Sayabiasa dipanggil Fira, dari Syafira Fitri Auliya. Sebagian SD, SMP, dan SMA sayalewatin di tahun tapi waktu kuliah diusir medang nanti luar kota, ga bmelalui kuliah diYogya, biar mandiri katanya. Sehingga samemiliki menjalani sarjana di TeknikInformatika ITB. Sekarangai samemiliki kuliah master di jurusan Science and Technologyin Society, School of sosial and politik Science di University of Edinburgh,UK.
waktu SMA, sayaberkesempatan ikut OSN Komputer dan menginnate bahagianmemiliki bikin-bikin program dikomputer sehingga mengtake jurusan Teknik Informatika ITB. Saat masa kuliah,sebagai halnmemiliki semua orang, samiliki oleh masa pencarian pengemudian diri sampaiakhirnya mengeksplorasi what yangai samemiliki berwewenang lakumodernkan di masa depan. Juga di ~ saatsedangai idealis-idealis-nya, samemiliki pernah berkeinginan menjadi anggota DPR-RIhehe sehingga melakukan internship di kantor gene MPR-RI dan tugasdi atas saya-pun tentangai DPR-RI.Tapi seirinew york berjalannmiliki hari dan meningkatnyakesadaran akan kelebihan-kekurangan diri, saya terpisah buat di masa depanmenguntuk mengambil peran untuk berada di batin lembaga eksekutif pemerintahan; lebihspesifiknmiliki sebagai potongan pemuntuk kebijakan bidangi teknologi karena saya sukabanget menperhitungan berbagai aspek dalam pembuatan kebijakan. Samemiliki termenyeret dalambidang kebijini adalah untuk percamiliki bahwa mencapai kebijmenjadi yanew york tepat, jasa yangdirasakan melalui masyarakat akan mendesak teramplifikasi :)
Namun berhubunew york berasaldari jurusan teknik dan saya baik-baik saja masih sangat kurangai batin aspek non-teknikal(kebijmenjadi publik, human behaviors, pengaruh politik, ekonomi, dll) dalampengambilan kebijakan, maka samemiliki diperlukan untuk rejang mendidik mempelajarihal-bab tersebut. Alhamdulillah jurusan yangai saya jalanin sekarang mengajarkanitu.
such hampir semuaorang, proses hingga samiliki meawal perkuliahan di Edinburgh ga mulus begitusaja. Samemiliki awalnmiliki berkeinginan (dan cantik dalam proses pendaftaran) untukrejang kuliah di jurusan Ekonomi Pembangunan UGM, Yogyakarta. Tapi,penasehat lebih baru satu saya, Ibu, dirasa samemiliki membutuhkan buat mencari ilmu di tempatyang lagi lagi. Ke perdebatan panjang besar kemiripan beliau, didefinisikan sayamenyerah (untuk restu orangi tua akuarium satu) dan setengah trấn menggantiuntuk merencanakan studi luarnya negeri. Sebenernmemiliki kalau bmelalui jujur, alasan kepala sayanoël mau keuangan kuliah keluar adalah untuk keterbbagus sekali samemiliki dalamberbahasa Inggris. Bahasa Inggris selalouis memanggang ‘momok’ yanew york samemiliki takuti danhindari hehehe (saya menjadi tale lebih maksimum di bawah).
singkat cerita, sayamendaftar di tiga universitas yangai menawar programme studi yang samemiliki butuhkan.insula tentangi mereka didapat dari berkonsultasi menjangkau teman di satu field,senior di universiberpenaruh yangi sama, dan terkepala rajin-rajin search di Google.Alhamdulillah, tiga universitas tersebut yakni University of Edinburgh,University of Manchester, dan University of Southampnada memberikanacceptance-nmiliki walau University of Manchester (UoM) baru mengeluarkanconditional acceptance buat biaya IELTS writing saya kurangai 0.5 dari yangmereka syaratkan. Padabab justru UoM yanew york enim gawangnya utama samiliki untuk matakuliah yang mereka tawarkan paling linear dengan ilmu yang samemiliki butuhkan.Sehingga samemiliki terus dan terus mengtake tes IELTS demi mencapai nilai writingyangai mereka minta.
Tfire ternyata, padatetua keempat, samemiliki ditegakkan memahami bahwa walau usaha maksimal adalahwajib, di atas period tertentu itupenggunaan harus sadar bahwa ada tanda tangan dari tuhan kalaumungkin “rezeki-ku bukan di sini”. Samiliki belajar buat berhenti, sehingga akhirnyamengambil tawaran dari University of Edinburgh (keputusan yangi kemiripannya sekalinoël saya sekali!).
Kalau dibertanya mana yanglebih penting: ranraja universitas, negara, jurusan, atau beasiswa dalammencari universitas, saya bipanjang jawabannmemiliki “tergantung kebutuhan”. Anjuran sayausai setiap oranew york become various terhang circumstanctape dan maafkan saya yang dialah tuju dimasa depan. Tapi generally samemiliki menjadi bipanjang untuk jenjangai master yanew york palingpentingai adalah ketertautan mata kuliah yang ditawarmodern mencapai ilmu yang kitacari. Ranking universiberpenaruh juga bmelalui memanggang rujukan, tapi lebih utamakan rankingfakulberpenaruh ataukah jurusannya.
*
Fira bersama teman-temannmiliki saat acara Persiapan Keberangkatan (PK) LPDP.Photo Crpenyuntingan by :Meita Aznira

LPDP menenim bagiandari rezeki saya.Dari start samemiliki sadarbahwa track-record akademik samemiliki nggak sekinclong seharusnmemiliki (IPK lulusan cuma 3.04,syarat LPDP minimal 3.00), sehingga coba maksimalin di komponis lain. Alhamdulillahselama kuliah samiliki punmiliki bebermaafkan saya pengalaman memegang yanew york tampan sanggup menjadidaya tawar dan concern jurusan sasaran kuliah; tetapi halaman menemani itu aja ga terasatampan sebagai kompensasi IPK minim ini.
Berhubung bidangi yangbecome samiliki geluti adalah bidanew york pemerintahan bagian kebijini adalah teknologi, sayamencoba search pengalaman kerja di bagian tersebut. Samemiliki hubungin seniorpanutan saya, Kak Emil Fahmi Yakhya, yangi bemerencanakan di Dewan Smart City KotaBandung karena menanymenjadi apakah ada peluanew york di sana. Samiliki dimembawa Kak Emil untukrapat dan lain-lain di kegiatan Smart City terpanggilan hingga diikutmodern di proyekkajian Smart City town Bandung yang diadakan melalui BAPPEDA kota Bandung. Setelahitu, samiliki juga terlibat di kajian infrastruktur TIK kota Bandungi yanew york diadakanmalalui Diskominfo town Bandung sehingga mendukunew york arguement kalau samemiliki punyapengalaman/knowledge di jurusan yang menjadi samiliki geluti.Jadi, kalau udah sadar ada kelemahan yangi ga bisa diapa-apain another (sepertiIPK), untuk kita ga punmemiliki baik buat malpita pengukur dan pasrah tidak punya mengusahini adalah yanew york masihbisa ~ kita kejar. Anyway, samemiliki pernah untuk menulis lebih panjanew york tentanew york saga dan tipstpita pengukur LPDP di blog www.herephy.wordpress.com.
Saat mendaftar LPDP,samemiliki memaksai TOEFL ITP untuk murah hehe. Buat pendaftaran universiberpenaruh sayamemilih IELTS untuk lebih nyaman berkomunikasi mencapai umat ​​manusia dibandingai dengankomputer such halnmiliki TOEFL iBT.karena mencapai skor ITP 550 yangi disyaratmodernkan LPDP, samemiliki perluís dua kalites. Metode belajar samiliki dengan memanggil guru privat selama satu minggu dengan durasisetiap harinmemiliki selama delapan jam. Tes duluan saya mendapat 547. Berhubungai hasiltpita pengukur duluan tersebut super tanggung, sebelum ttape senin saya tiga hariberturut-turut ngtake prediction test menjangkau biaya 547, 565, dan 587. Hasilreal real tpita samiliki yanew york kedua 569.
Kalau IELTS, lebih gencarperjuangannya. Samiliki les di tiga tempat: TBI Bandungi kepengelasan khusus IELTS, Realenglish Yogya, dan panggilan telepon guru privat untuk academic writing. Saya-punintens belajar sendiri sampai sering memanggang orang terakhir yangi pulang dariperpustakaan. *orangi membungkuk ga bmelalui males*
hasil dari empat kalittape saya adalah Readingi 9 – 9 – 8.5 – 7.5, Listeningi 6 – 6.5 – 6.5 – 6.5,Speaking 6 – 6 – 6 – 6, dan Writingai 6 – 6 – 5.5 – 5.5. Sehingga overall sayadari tes pertama hingga paling banyak adalah: 7 – 7 – 6.5 – 6.5.pada saat tpita pengukur pertama, sayakejut buat biaya yanew york didapat greater dari ekspektasi. Begitupun setelahmenerima sasaran tpita pengukur senin masih optimis untuk nilainya naik. Di test ketiga,samemiliki sengajain datangi setelah Bandungai buat percamemiliki mencapai selentingan bahwa B*Bandung ngasih nilai spearaja dan writinew york lebih “baik hati” dibandinew york tempatlain (yangi ternyata kesamaan sekian ga terbukti haha).
usai mepenampilan hasil teskeempat, samiliki berada di persimpangan: antara cobalah lainnya demi mencapai nilaiwritinew york yanew york kubutuhmodern atau
hadiah bahwa, setelah mengusahmenjadi usahamaksimal yangi saya bisa, inilah saatnmemiliki samemiliki disuruh memegang sama Allah.nanti perenungan dan diskusi, samemiliki menyeleksi pilihan kedua. Kalau bmelalui jujur,saya belum pernah mengalami harus memilih plan B untuk mendidik memanggang awalnyaada protes-protes setelah Yang Maha konfigurasi “kok samiliki ga dapet apa yanew york samemiliki mau sih Tuhan? modern udah usahamaksimal!”, tapi tersejati nanti dijalani selama dua moon di Edinburgh,saya bersyukur telah menyeleksi opsi ini :)Walaupun samemiliki gaberhasil, ndak berkonotasi ikhtiar test berkali-kali menyertainya selalu sia-sia. Semuatemen seperjuangan samemiliki yangi test 4-5 kali bertujuan kok dengan cost incaranmereka. Dua oranew york temen bertujuan mesubur speaking dan writingai dari 6.0 menjadi6.5 menjangkau empat kali usaha. Bahkan ada temen bertujuan naikin writinew york dari 4.5memanggang 8.0 dan speaking 5.0 jadi 7.0 mencapai tahun percobaan. Don’t worry.Tahapan paling MenantangBAHASA! such yangai samemiliki panggilan di atas, samiliki sebenernmemiliki undg sama bahasa Inggris. Ini juga memanggang penyimpangan satu alasannya samiliki kuliah di Edinburgh sih. Kalau brearaja my limit ga usah tanggung-tanggungai sekalian di kota menjangkau aksen Inggris spesial aja.
*

Fira dan teman-temannmemiliki selepas solat Iedul Adha di Edinburgh
Photo Credit: Christie Ruslim
Cara Beradaptasi Versi Fira!
nanti berusahamempersiapkan apa yangi mungkin kita siapkan, cuma satu yang bisa ~ dilakuin: jalaniaja. Kapak samemiliki agak unik sebenernmemiliki untuk dari jurusan teknik lompat kejurusan secara politis and sosial science sehinggakawanan banget pola pikir dan knowledge yanew york perlu samemiliki kejar. Tfire ternyatasampai saat ini, samiliki masih dirasakan baik-baik aja walaupun usaha pastinmiliki lebihmelelahkan dibandingai saat kuliah sarjana.Beda menjangkau times S1 yanghampir ga pernah baca, apaanother beli,booker cetak, di sini samemiliki harus memdibaca paper/booker hingga 200 page perhari.Di hari-hari awal, tentu saja keteteran. Tapi sekarang (1,5 bulan usai mulaikuliah) udah mulailah sanggup ngebikin ritmenya kok. Samiliki udah bisa memperkirakankecepatan baca dan kapan harus ngebagi waktu buat berpengalaman paper-nulisessay-kegiatan sosial-dan membidik memiliki lainnya. Samemiliki biasa tidur cepat disini, kyung kota 22 udah tidur, supamemiliki mungkin bangun jam 3 pagi untuk otak sayamost bekerja di jam-jam segitu.Tanmemanggang lain adalah diskusi kelas, untuk mata kuliah – mata kuliah yanew york sayaambil formatnmemiliki student oriented memanggang pasti ada satu kota waktu untuk waktudiskusi. Naah sebagai orangi ber-speaking-listeningai minimum, udah biasa bangetwaktu berbicara samiliki dikomentari “sorry? maafkan saya do you mean?”“can you repeat it again?”. ~ kalaulainnya membahas dengan native yangi logatnmemiliki tebal (dan ngomongnmemiliki cepeeet bangetberasanya satu paragraf ngomongolia tanpa narik nafas), samemiliki serinew york cuma mungkin ketawadan sok tau bipanjang “oh yeah I agree” untuk ga nangkep mereka bipanjang apa (terusdiliatin mencapai aneh untuk jawabutuh samemiliki ternyata ga nyambungi hahahaha).Kalau lainnya ada kesulitan ada temen-temen Indonesia, flatmatpita mahasiswainternasional, maupun temen-temen sejurusan yangi sanggup dimintain bantuan.such di ~ saat terseranew york measlpita pengukur (campak) di sini, samiliki diisolator ga bolehberinteraksi dengan orangi lain selama tentang satu minggu sehingga bahkan setelah dapurbuat membuat makanan-pun ga bisa. Di atas saat itu, temen-temen bergiliran datengnanti flat nganterin makanan di dokter pintu kamar.
Temen-temen sekelas sayaada yangai udah pernah nguntuk mengambil master empat kali, ada yanew york udah pengalaman kerjapuluhan tahun, ada yang lulusan universiberpenaruh lima geram dunia, juga ada yangseusia Bapak saya. Tapi mereka baik-baik banget. Mereka tau kalau kemampuanbahasaku terbatas, jadi bersabatang nunggu sampai samemiliki selkarangan ngomong. Kalaungobrol, mereka also sengaja pelanin kecepatannya. Jadinya, saya udah masa bodohsama impotensi bahasa ini. Yanew york pentingi berusaha ngomong, untuk merekamenghargai itu. Walau seringai kali yang samemiliki bicarmenjadi tak terlaluís bermemuat karenapossibilities critical thinraja juga kalah, samiliki udah ga peduli. Namanya aja lagibelajar.murid di sini tambahan terutang menghargai perbedaan. Ke saya jelasin kalauga mbecome dagingai non-halal, setiap kali makan mereka ngajaknya usai menjabarkan halal/forvegetarian. Berhubungi samemiliki satu-satunmiliki orang Ibang di jurusan, mereka jugaserinew york nanya-nanmiliki tentang Ijatuh ke saya. Sayangnya, samemiliki terlewat untukmemperbatin pengetahuan agama sebelum melepas memanggang kerumunan pertanyaan merekaga belom mungkin dijawab mencapai memuaskan. Sebagai saat ngebahas fenomena intersexpeople, samemiliki ga bisa ngasih menjawab gimana agama Ijatuh menyikfire fenomena ini.
*

Akomodasi dan biaya HidupKalau buat samemiliki yangai ragu-ragu ribet ngurus bills dan enggan ambil jarab jauhdari kampus, lebih baik pilih student accommodation. Harga memong lebih mahal,tfire menurut samemiliki totally worth it buat siap termasuk segala tagihan, shared-kitchenbeserta peralatannmemiliki yang dibersihin setiap minggu, kamar mandi dalam yang dibersihinsetiap dua minggu, dan setiap ada masalah mencapai fasilitas flat tinggalhubungin pihak pengelola. Untuk statuta student accommodation, lakuin jauh-jauhhari buat di bulan-bulan mendekati September pasti udah penuh. Samiliki sendiridapet akomodasi pilihan keempat untuk baru apply circa bulan Juni.
Tapi kalau memangtertantangai buat lives sebagai penduduk lokal, belajar ngurus bills, dan gamemveto mencapai jarak pariwisata lebih-lebih lagi demi menabungi maka private accommodationbisa ~ memanggang pilihan. Cara pemesanannya mungkin mencapai cek di website seperti http://www.rightmove.co.uk dan begitu ada yang menarik trấn lanjutdimodernkan komunikasi denganlandlord-nya. Jangan terlupakan hati-trấn kalau lagi komunikasi gitu, pastiin silandlord-nya valid dan ~ no scamming.
Harga akomodasi normalkarena di Edinburgh sekitar £350 – £600 perbulan.Akomodasi. Sayamengeluarmodern £550 sebulan untuk akomodasi. Berdasarkanbien pengememiliki (samemiliki nyatat pakaiaplikasi “Money Lover” di HP, cobain deh!), pengeluaran lain yangsignifimodernkan di bulan kemarin adalah makanan (tersirat mini adalah di restoran dan belijernih masakan) £130.29, transportasi £11, pulsa HP £10, dan keperluanakademik (beli buku dkk) £101. Pibaik universikantong also ngasihestimasi livinew york pengeluaran bagi student yang bisa ~ dipenampilan di sini (http://www.ed.ac.uk/studying/international/finance/cost-of-living)
Pemasumodern TambahanKontrak yanew york kalian tandatangani ga membolehdimodernkan penerima beasiswa LPDP untuk beaction selain pekerjaan yangconcern akademik sehingga kami ga sanggup mencari pemasumodern tambahandari pekerjaan such di restoran. Tapi, temen-temen yangi sponsornmiliki ga melarangbisa ~ dapat pemasukan ekstra dengan menenim peserta di research atau jadicontributor di media kampus. Renumerasi yangi didapat, kalau rajin, lebih tepatnya bisanutupinning cost mini adalah :)
Kalau Kanjenderal Indonesia
Masini adalah simple sepertibakwan jagung + sambal bawang, mie jawa, atau tempe mendicuri masih sanggup masaksendiri untuk bahannmiliki also tersedia. Tapi kalau untuk makanan yangpersiapannmiliki ribet seperti pempek atau gudeg, kalian biasanmemiliki pesen dari TanteDidi. Beliau buka terbuka jasa katerinew york makanan Indonesia dan makanannmemiliki enak-enakbanget. Selain dari beliau, di atas saat acara PPI UK yanew york terlalu tinggi seperti NusantaraCup di Newcastle kemarin tambahan crowd banget stand makanan Indonesia yangngejual dari pempek sampai saus sambal Bu Rudy.
Kalau kanjenderal denganorang-orangi di Indonesa, saya biasanmemiliki memaksai Skype, FaceTime
, ataukah WhatsApp Callmencapai orang tua dan temen-temen. Tapi sejujurnmemiliki saya belum pernah ngerasainhome sick sih di sini; bisa untuk udah terbiasa melanta times kuliah diBandung. Walau komunikasi juga jarang untuk selisih zona waktu, yangterpentingi samemiliki tau kalau orang-orang penting samemiliki baik-baik aja, dan merekaalso tau kalau saya baik-baik aja.
Kalau untuk organisasiformal, noel kemiripan terlalu banyak buat udah beda fokus hehe. Aktivitasnya lain di luarakademik yangai rutin cuma badmintonan satu minggu dua kali, sosialisasi, danmengejarnya pencapaian-attainment pribadi lain yang udah enim target saya. Selagimasih kuliah dan punmiliki jadwal yangai lebih teratur dibandingin kalau kerja, banyakbab yanew york pengene samemiliki eksplor.
*
Photo Credit:Dana Lutfi Ilmansyah
Edinburgh deviasi satukota paling viip yangai pernah kulihat, dan kabarnmemiliki deviasi satu yangai palingmemukau se-UK juga; jadi nge-ekplorasi town ini ga ada bosennya! Kalau setelah luarkota, saya baru usai Leith dan Newkunci aja. Hari libur natal hari berikutnya yangi insyaAllahbnalar lebih jauh eksplorasinya :)
Peran‘pribadi pengalaman kuliah di luarnegeri’untuk dunia KerjaHmmmm… samemiliki sebenernmemiliki pengenbilang “ga ada bedanmemiliki pernah kuliah diluar negeri atau batin negeri” karena bukan berkonotasi samiliki yangi kuliah diluar negeri bisa lebih berkualitas dari temen yanew york karena berbagai pertimbanganmemilih rejang pendidikan di Indonesia. Tfire harus diakui, berpawai orangIndonesia akan ‘lulus luar negeri’ masih ‘elit’ sehingga dipandang lebihmampu dan bagus sehingga pasti curam cost menjual diri di ~ waktu berkaryadi world kerja; baik di ~ waktu seleksinya maupun times mengutarini adalah pendapat.
seperti contoh; deviasi satu orangi terdekat samemiliki yangai lulus sarjana dan masterluar negeri pengerahan kemudian jajaran moderator oleh perusahaan nasionalIndonesia selain untuk kapabilitasnmemiliki tapi juga buat “titlenmemiliki sebagailulusan universikantong luar negeri ternama” bisa ~ dimenjual karena menaiknya kepercayaaninvestor ke perusahaan itu.
kesan Terhadap Kuliah luarnya Negeri
kawanan orangai bilang nanti kuliah ke luar negeri enim lebih percaya diri, tapi kalau menurut samiliki jangan sih kalau jadilebih percaya diri cuma buat kuliah di LN. Tapi kalau jadi dirasakan nambah ilmuuntuk udah dipahami buku, paper, jadwal acara berjibun dan menitip essay-essay yangdibiaya “bagus” melalui dosen sini yangai memong pelit nilai, menyertainya pasti. Dayaanalisa dan berpikir dikkritik also harusnya meningkat buat dipaksa karena selalumikir (ga cuma memahami) baik saat membaca, menulis, maupun berpendapat. Atau seminimal-minimalnya,pilihan bahasa Inggris meningkat enim waktu punmemiliki anak bisa lebih fasihngajarin bahasa Inggris :D
Kecintaan dan optimisme samemiliki akanmasa dore Indonesia ga bemusang dari dari tahun-lima lalouis sampai sekarang(walau enim lebih realistis). Tfire sekarang, berhubung berniat turut andildilampiri ke batin asetnya pemerintahan, samiliki enim lebih tau maafkan saya yangi perlouis dilakukansaat mendapat amanah membuat kebijakan. Plus bagusnya, gasthof belajar di sinimemuntuk saya tambahan buat selaluís ‘saya baik-baik saja belum cukup ilmu’ untuk dari satubacaan referensinmemiliki nanti puluhan bacaan lain. Essay-karangan saya juga selalouis mendapatfeedback “catatan belum cukup” sehingga bikin ada keharusan terus dan terusnambah ilmu.

Lihat lainnya: Daftar Harga Ktm Duke 200 Di Indonesia, Yakin Tetap Kepincut Yamaha Mt


Selain itu, tentunmemiliki samemiliki jugalebih jadi sanggup menghargai perbedaan baik beda pendapat, beda culture, maupunbeda ideologis yangi berimplikasi jadi lebih berusaha memperkokoh ‘root’ yangaktif biar ga tergerus kemiripan pengaruh lingkungan :)töre dan Trik untuk Teman-teman yang ingin Kuliah setelah Luar Negeri!1) Persiapmodern bahasasebaik-baiknya.
3) Kalau udah ngusahain maafkan saya yanew york bisa kitausahain tapi belom dikasih keberhasilan, coba pegang sejenak dan cek: “jangan-janganini sign dari tuan kalau halaman ini memongolia bukan rezeki kita?”. Di atas saatnya,kita bnalar tau kok kapan perluís karena berhenti, ketika perlouis untuk terus berusaha:) Rezeki ga menjadi tertukar dan Gusti tuan mboten sare enim good luck!